Pasta Gigi Khusus Perokok

Salah satu jenis orang yang memiliki permasalahan khusus dalam hal kesehatan gigi dan mulut adalah seorang perokok. Kebiasaan merokok secara rutin tentu saja akan meninggalkan masalah di mulut yang bersangkutan. Dengan jalan menghisap asap rokok maka akan ada asap yang masuk dan memenuhi rongga mulut. Asap ini mengandung banyak komponen senyawa dan sebagian di antaranya dapat tertinggal di dalam mulut, bahkan dapat menempel di permukaan gigi. Jika bagian yang menempel ini berterusan maka dapat menjadi kerak yang keras. Hal ini dapat ditandai dengan perubahan warna gigi yang menjadi kecoklatan, serta bau mulut yang bersangkutan khas dengan aroma nikotin. Bagi seorang perokok kebiasaan ini sering juga disertai dengan kebiasaan minum teh atau kopi kental. Kebiasaan terakhir ini juga berakibat menambah efek pada warna gigi yang menjadi bertambah pudar.

Untuk merawat kebersihan dan kesehatan gigi, maka orang setiap harinya dianjurkan untuk melakukan aktivitas gosok gigi minimal dua hari sekali. Bagi seorang perokok, maka hal ini pun hendaknya dilakukan dengan lebih sering. Akan tetapi untuk menghilangkan efek rokok pada gigi akan menjadi masalah yang tidak mudah dipecahkan. Cara terbaik memang harus pergi ke dokter gigi untuk dilakukan proses scaling dan pemutihan warna gigi.

Sebagai alternatif untuk perawatan gigi sehari-hari maka para perokok dapat melakukannya dengan menggunakan pasta gigi khusus. Pasta gigi khusus perokok ini spesial diformulasikan untuk menghilangkan kerak tembakau, kopi atau teh secara efektif dan aman. Pasta gigi ini dapat digunakan secara rutin untuk menghasilkan gigi yang putih alami dan sehat. Para perokok dapat mencoba untuk memilih jenis produk ini untuk digunakan mereka dalam melakukan aktivitas gosok gigi sehari-hari.

Salah satu contoh produk pasta gigi untuk perokok.

Salah satu contoh produk pasta gigi untuk perokok.

Pasta gigi ini mengandung bahan formula khusus untuk penghilang kerak gigi khususnya untuk menghilangkan kerak tembakau. Dari suatu kemasan pasta gigi khusus perokok ini bahkan menuliskan klaim bahwa memiliki kemampuan 60 % lebih tinggi untuk menghilangkan kerak dibandingkan pasta gigi gigi biasa.

Seperti halnya pasta gigi yang lain untuk digunakan sehari-hari maka aspek keamanan juga harus diperhatikan. Pasta gigi ini dianggap cukup aman dan memenuhi tes uji keselamatan untuk digunakan secara rutin.

Pasta gigi ini memiliki formula yang mampu melepaskan kotoran dengan 2 jenis agen pemutih. Bahan kimia yang digunakan akan dapat melepaskan kerak. Dengan penggunaan formulasi pasta gigi yang sudah umum digunakan maka formula pasta gigi ini juga tetap dapat mencegah gigi berlubang dan timbulnya plak gigi baru. Selain itu terdapat satu bahan kimia tamahan yang berfungsi untuk memutihkan kembali warna email gigi yang telah pudar akibat terkena asap rokok.

Dengan kandungan fluorida yang terdapat di komposisi bahannya maka hal ini bermanfaat untuk menguatkan gigi dan dapat membantu menangani gigi berlubang.

Dengan penggunaan tambahan aroma mentol maka setelah digunakan akan menghasilkan rasa segar di mulut. Aroma mentol ini akan menghilangkan dan menutup aroma nikotin yang tertinggal akibat merokok. Bau nafas perokok dapat tertutup oleh aroma kesegaran mint yang muncul.

Jika ditilik dari satu kemasan produk pasta gigi khusus perokok ini maka akan diketahui jenis bahan-bahan yang digunakan untuk menyusun formula pasta gigi ini. Komposisi bahan yang digunakan terdiri dari calcium karbonat, sorbitol, air, PEG-8, sodium lauril sulfat, alumina, silika, flavor, sodium monofluorofosfat, xanthan gum, sodium benzoat, carragenan, sodium silicate, sodium sacharine, methyl paraben, buthylparaben. Bahan aktif yang digunakan adalah  sodium monofluorofosfat 1000 ppm. Memang kuantitas bahan-bahan tersebut tidak diberikan, namun dari sini jelas bahwa pasta gigi ini dikhususkan hanya bagi seorang perokok. Bahan aktif yang diberikan relatif kurang sesuai untuk orang biasa yang bukan perokok apalagi bagi anak-anak.

Langkah terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut seorang perokok ini selain dengan menggunakan pasta gigi khusus ini, adalah dengan tetap pergi ke dokter gigi. Oleh dokter gigi pembersihan kerak dapat dilakukan secara fisik dengan proses scaling gigi yang jauh lebih efektif. Jika diinginkan pun dapat dilakukan proses pemutihan gigi.

Langkah lebih baik lagi adalah selesai gigi ditangani, maka kebiasaan merokok hendaknya dikurangi saja atau bahkan dihentikan sama sekali. Namun kalau soal ini sih satu pilihan yang berat bagi seorang perokok. Keputusan ada di tangan anda.

4 thoughts on “Pasta Gigi Khusus Perokok

  1. Maaf min, boleh ga saya kuitp beberapa pargraf utk dijadikan bahan proposal ?? nah kalau boleh tau ini sumber nya darimana yaa min?? makasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s