Kopi Tubruk Jauh Lebih Berkhasiat

Bagi yang sudah terbiasa minum kopi seperti saya maka akan terasa berbeda jika setiap harinya belum minum kopi. Kopi memang menjadi dilema karena ada kandungan kafein yang sebenarnya memiliki kerugian tetapi di sisi lain kadang juga bersifat menguntungkan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antikosidan berupa senyawa polifenol ini akan sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang merusak tubuh.

Saat ini di pasaran banyak dijual beraneka macam produk olahan kopi untuk minuman. Ada yang dijual sebagai kopi tubruk ataupun kopi  instan. Kita dapat memilih jenis kopi yang sesuai dengan selera masing-masing.

Kalau pada asalnya biji kopi diolah untuk minuman adalah dengan jalan pengolahan biji kopi matang dengan jalan digoreng sampai gosong. Biji kopi ini selanjutnya ditumbuk dan digiling halus sehingga siap untuk diseduh dengan air panas. Proses seperti inilah yang kemudian menghasilkan jenis minuman kopi tubruk. Bahan serbuk kopi terdapat sebagai residu di dasar minuman. Terkadang ada juga bagian serbuk yang menempel di dinding cangkir dan akan terasa saat kita meminumnya. Kopi seperti inilah yang disebut sebagai kopi tubruk.

Secangkir kopi tubruk.

Secangkir kopi tubruk.

Kopi instan dibuat dengan melalui proses tertentu secara hiegenik. Kopi instan dibuat dengan jalan proses penyeduhan menggunakan air panas untuk kemudian melarutkan kafein dan bahan terlarut lainnya. Setelah itu cairan ini diuapkan kembali melalui proses spray dryer sehingga diperoleh serbuk kopi instan. Bahan kafein dan beberapa polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan tetap ditemukan dalam kopi instan tersebut. Memang karena proses ekstraksi ini akan menyebabkan pengurangan sebagian bahan aktif dan juga sedikit mengurangi cita rasa kopi. Kuantitas pengurangan ini akan tergantung dari kualitas  biji kopi yang digunakan, proses penyeduhannya, dan metode pengeringan yang digunakan.

Dengan demikian apabila konsumen memilih berdasarkan rasa, maka jauh lebih baik untuk memilih kopi tubruk daripada kopi instan. Meskipun demikian, kopi instan punya kelebihan lain. Kopi jenis ini mendapatkan serat dua pertiga lebih banyak. Kopi instan seukuran 354 ml mengandung sekitar 3 gram serat, sedangkan kopi tubruk hanya mengandung 1,8 gram serat. Serat ini membantu tubuh menyerap kandungan polifenol tadi. Selain itu kandungan serat yang tinggi ini juga membantu proses mempermudah masalah buang air besar.

Saya sih punya pertimbangan sendiri untuk memilih jenis kopi untuk diminum.  Pokoknya pilihan yang ada hanya dua itu saja, kopi tubruk atau kopi instan. Anda pilih yang mana ?

2 thoughts on “Kopi Tubruk Jauh Lebih Berkhasiat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s