Anggrek Sulur yang Cantik

Beberapa hari setelah mekarnya anggrek merpati di batang pohon srikaya di belakang rumah, ternyata disusul dengan mekarnya anggrek lain. Anggrek yang tidak aku ketahui namanya. Anggrek jenis ini juga sepertinya jarang diperjualbelikan, tetapi mungkin masih lebih banyak ditanam orang daripada jenis anggrek merpati.

Anggrek ini sebut saja anggrek sulur. Hal ini karena batangnya yang menjulur ke bawah dan menggantung sampai cukup panjang. Bentuknya yang memang menjulur itu sehingga banyak ditanam orang mengelilingi batang pohon sehingga menutup rapat batang dengan cantik. Ada juga yang ditanam di papan memanjang sehingga berbentuk tirai yang menutup bidang di bawah papannya dan bisa disibak. Kalau yang ada di rumah relatif kecil saja dan itupun kalah dengan pertumbuhan anggrek merpati.

Anggrek ini berbunga setiap tahun hanya beberapa kali saja. Sekali berbunga maka akan berderet-deret keluar pada bagian ruas tangkainya. Bunga yang muncul ini akan tampak cantik kalau dilihat secara detail. Bunga ini terhitung dari mulai tampak kuncup bunga sampai layu, memerlukan waktu sekitar sepuluh hari. Saat mekar dapat bertahan sekitar hari, jadi cukup baik untuk dipelihara.

 

Anggrek cantik di rumahku

 

Saat bunga dalam bentuk kuncup, maka terlihat berwarna ungu. Setelah beberapa hari maka bunga akan mekar dan memperlihatkan kelopak bunganya yang berwarna pink dan semburat putih di bagian tengahnya.

 

Bunga saat masih kuncup.

Daun tanaman anggrek ini kadang setiap waktu tertentu akan rontok sendiri. Pada waktu ini tanaman tidak mati namun akan kembali menumbuhkan daunnya. Perawatan juga relatif mudah karena tinggal disiram air secukupnya.

Apabila ada tempat yang sesuai di pekarangan rumah anda, mengapa tidak mencoba menanam anggrek jenis ini. Cara memperbanyak tanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan tunas anakan yang dapat dipotong dari bonggol tanaman. Bunga ini sepertinya tidak ada yang menjualbelikan, jadi harus meminta pada pemilik tanaman ini.

 

Ada yang tahu nama anggrek ini gak ya ???

 

2 thoughts on “Anggrek Sulur yang Cantik

  1. Ping-balik: Deretan Kelopak Anggrek Ungu « Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s