Pasta Gigi Rasa Herbal

Soal rasa pasta gigi ternyata menarik sekali untuk dikupas. Dengan adanya persaingan pasar yang besar maka produsen pasta gigi berlomba-lomba untuk membuat dan menciptakan produk yang inovatif sehingga akan dipilih oleh konsumen. Demikian juga saat ini kalau dilihat di pasaran, pasta gigi tersedia dalam berbagai macam rasa yang ditawarkan.

Salah satu yang sekarang muncul adalah pasta gigi rasa tertentu yang selalu dicirikan dengan warna hijau. Pasta gigi ini dikatakan sebagai pasta gigi rasa herbal. Rasa ini melengkapi rasa pasta gigi yang sudah umum berupa rasa mint. Kalau rasa mint ini diperoleh dengan penggunaan ekstrak daun mentol yang sebenarnya juga termasuk herbal juga.

Pasta gigi dengan rasa herbal ini banyak tersedia di pasaran dengan berbagai macam komposisi bahan herbal yang digunakan. Hampir semua pasta gigi herbal ini tetap mempertahankan rasa mint walaupun kemudian ditambah dengan bahan herbal lain. Bahan mint tetap dipertahankan untuk memberi rasa segar dan pedas karena mampu menutup rasa pahit yang mungkin muncul dari penambahan bahan herbal yang lain. Bahan herbal lainnya yang umum digunakan adalah ekstrak daun sirih, jeruk nipis, minyak nilam atau yang lainnya. Selain itu juga ditambahkan bahan lain yang digunakan untuk tujuan menjaga kesehatan berupa garam.

Macam-macam pasta gigi dengan rasa herbal.

Macam-macam pasta gigi dengan rasa herbal.

Ekstrak daun sirih (piper betle leaf oil) diperoleh dari hasil perendaman daun sirih untuk memisahkan komponen aktif yang terdapat di dalamnya. Ekstrak daun sirih dikenal memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antikuman. Ekstrak ini sering digunakan untuk berkumur sebagian orang untuk tujuan kebersihan mulut. Dengan demikian apabila digunakan untuk menjaga kebersihan mulut dengan dicampurkan pada formula pasta gigi diharapkan dapat membuat gigi dan mulut tetap sehat.

Jeruk nipis dikenal dapat membantu memberikan rasa segar. Sari jeruk nipis dapat diperoleh dari buah jeruk. Akan tetapi untuk minyak atsiri dari tanaman jeruk sebenarnya dapat diperoleh dari daun atau kulit buah jeruk itu sendiri. Ekstrak ini dapat diperoleh dengan jalan destilasi atau penyulingan menggunakan uap panas. Satu jenis tanaman jeruk yang sering digunakan adalah Citrus aurantifolia (lime). Minyak atsiri dari jeruk ini dapat memberikan kesegaran dan aroma yang khas.

Untuk penambahan garam pernah ditulis di sini. Garam dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi mulut. Pasta gigi yang mengandung garam juga diklaim oleh produsennya sebagai obat gigi juga.

Secara umum pasta gigi selalu memiliki komponen bahan aktif dan bahan pendukung. Untuk bahan yang membuat pasta gigi herbal sebetulnya hanya berupa komponen rasa saja. Untuk bahan aktif dalam pasta gigi sekarang umumnya berupa bahan sodium monofluorofosfat. Komposisi bahan lainnya terdiri dari berbagai macam dengan variasi jumlahnya. Sebagai contoh adalah salah satu produk pasta gigi herbal mengandung bahan-bahan berikut selain bahan herbalnya yakni calcium karbonat, air, sorbitol, hydrated silika, sodiumlauril sulfat, flavor, sodium monofluorofosfat, cocamidipropyl betaine, cellulose gum, potasium sitrat, sodium citrate, sodium chlorida, sodium sacharine, DMDM Hydrantoin, Cl47005, dan Cl 74260. Untuk pasta gigi yang lain maka komposisinya akan bervariasi lagi.

Pasta gigi herbal - pepsodent.

Pasta gigi herbal - pepsodent.

Pasta gigi herbal - colgate.

Pasta gigi herbal - colgate.

Jadi anda tertarik untuk menggunakan pasta gigi rasa herbal ini, dapat saja memilih pasta gigi yang tersedia di pasaran. Tetapi yang pasti apapun rasa pasta giginya, hal yang lebih penting adalah selalu rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari.

 

One thought on “Pasta Gigi Rasa Herbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s