Ayam Panggang Klaten Produksi Godean

Kuliner khas kota Klaten salah satunya yang terkenal ngetop adalah ayam panggang. Kalau ke sana, kami biasanya membeli di bilangan daerah jalan Pemuda Selatan, berupa ayam panggang Matahari. Menu ini berupa ayam panggang dengan bumbu areh yang gurih manis dan aroma ayam yang cukup memancing selera. Namun sekarang menu ini juga sudah tidak harus diperoleh dengan datang ke kota sana. Menu yang hampir sama juga sudah banyak dijumpai di daerah lain. Contohnya baru-baru ini kami dapat kiriman syukuran dalam bentuk kotak makanan yang berisikan ayam panggang Klaten. Tetapi ayam panggang ini bukan kiriman dari Klaten melainkan ayam panggang Klaten yang dibuat dari daerah Godean Yogyakarta, tepatnya dari daerah Nogotirto, jl Godean.

Ayam panggang yang dikemas dalam kotak itu sebenarnya berbeda dengan ayam panggang yang biasa kami beli. Menu yang ini tidak basah dengan areh kelapa kental, namun dipanggang kering. Namun rasanya juga tetap sedap. Rasa khas ayam panggang ini adalah bau harum bumbu rempah yang digunakan antara campuran manis, asin dan rasa gurih lainnya. Tampilan ayam panggan ini berwarna gelap dengan daging yang masak, permukaan kulit agak mengkilat karena berminyak.

Sisa-sia ayam panggan yang telah diludes habis

Sisa-sia ayam panggan yang telah diludes habis



Ayam panggang ini umumnya adalah diperoleh dari bahan baku ayam yang sudah disembelih pada bagian lehernya. Selanjutnya ayam dibersihkan bulunya dengan menggunakan bantuan air panas. Ayam tidak dipotong-potong hanya dibelah untuk diambil dan dibersihkan bagian jerohan. Setelah dicuci bersih ayam diungkep dengan ramuan bumbu lengkap selama beberapa waktu sehingga bumbu dapat meresap masuk ke dalam daging. Ayam yang sudah diungkep ini kemudian siap untuk dipanggang di atas bara api yang panas sampai matang.

Sepertinya halnya ayam panggang lainnya, maka tampilan menu kuliner yang satu ini juga tampak coklat gelap. Di beberapa bagian kadang tampak bagian kulit ayam yang sedikit hitam karena gosong terkena bara api yang digunakan untuk memanggang. Meskipun hanya dipanggang di atas api, dijamin daging ayam sudah matang sampai ke bagian dalamnya. Jadi biasanya bara api yang digunakan adalah bara yang cukup panas walaupun tidak menghasilkan nyala api. Akibatnya adalah ayam panggang ini akan masak karena terkena panas cukup lama.

Ciri khas ayam panggang Klaten umumnya adalah menggunakan ayam kampung. Jadi rasanya biasanya lebih liat namun tetap tetap mudah dikunyah. Berbeda halnya kalau menggunakan ayam potong yang rasanya memang jauh lebih lunak. Penggunaan ayam kampung inilah biasanya mengakibatkan ukuran ayam menjadi lebih kecil daripada kalau pakai ayam potong.

Kotak ayam panggang Klaten

Kotak ayam panggang Klaten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s