Kuning Ngejreng Bunga Ketepeng

Di rumah Blater Purbalingga, tumbuh liar tanaman berbunga warna kuning. Tanaman ini sebenarnya tumbuh sendiri dan tidak ditanam, menyembul di halaman belakang yang cukup luas. Orang mengenal tanaman ini dari namanya yang disebut sebagai bunga ketepeng. Jangan salah dengan jenis tanaman lain yang mirip namanya yaitu pohon ketapang.

Tanaman ketepeng ini merupakan tanaman semak yang tumbuh tidak berkayu. Daun yang dimilikinya berbentuk bulat dan berukuran cukup besar. Yang khas dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna kuning. Tidak sekedar kuning tapi benar-benar kuning ngejreng. Harusnya kalau salah satu parpol yang mengusung warna partainya dengan warna kuning mestinya memilih bunga ini sebagai simbolnya bukan pohon beringin yang berwarna hijau.

Bunga ketepeng berwarna kuning.

Bunga ketepeng berwarna kuning.


Mengingat bunganya yang cantik, maka bunga ini dapat berfungsi sebagai tanaman hias. Namun karena sosoknya berupa tanaman semak yang memerlukan areal tersendiri maka tanaman ini sekarang kurang banyak ditanam orang. Tapi di tempat kami, tanaman ini dapat tumbuh subur meskipun tumbuh sendiri dan tidak dirawat.

Dari website  ini diketahui kalau tanaman ini cukup berkhasiat. Ketepeng Cina atau dalam nama latinnya Cassia alata, Linn  merupakan jenis perdu yang besar dan banyak tumbuh secara liar di tempat-tempat yang lembab. Ketepeng Cina atau sering disebut sebagai ketepeng kerbau mempunyai ukuran daun besar-besar dengan bentuk bulat telur yang letaknya berhadap-hadapan satu sama lain dan terurai lewat ranting daun (bersirip genap). Bunga ketepeng cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna coklat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam. Ketepeng Cina tumbuh subur pada dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut.

Cara menanam pohon ini cukup mudah. Perbanyakan dapat dilakukan dengan menggunakan penanaman biji buah yang sudah matang. Silakan saja dijadikan tanaman penghias kebun anda kalau sekiranya masih ada halaman kosong. Bunganya cukup cantik kok. Lagipula daunnya tidak mudah rontok sehingga tidak banyak membuat sampah.

Kelopak bunga yang cukup cantik

Kelopak bunga yang cukup cantik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s