Singgah di Candi Lumbung Muntilan-2

Bagian kedua, sambungan dari tulisan ini.

Pada perjalanan kemarin itulah, kami singgah dan mengunjungi bangunan candi Lumbung hasil relokasi. Tempatnya sebenarnya sangat mudah terjangkau, hanya saja relatif agak tersembunyi. Jadi kalau kita melewati jalan menuju arah Ketep maka tidak jauh dari pertigaan yang ada pohon beringinnya akan ada papan nama Candi Lumbung.

Masuk ke candi ini tidak dikenakan tiket masuk. Kalau kendaraan roda empat diparkir di pinggir jalan dan pengunjung tinggal masuk berjalan kaki tidak jauh. Kalau sepeda motor bisa masuk ke dalam gang untuk parkir di bawah pelataran candi.

Bangunan candi hasil relokasi ini sudah dibangun relatif utuh. Bahkan lebih utuh daripada candi Asu. Hanya saja memang beberapa batuan dibuat baru untuk melengkapi batuan lama. Ukiran relief yang tersisa juga masih tampak jelas. Di dalam kubah candi ini terdapat lubang yang cukup dalam namun sekarang ditutup dengan papan kayu. Di candi ini tidak ada patung atau lingga-yoni yang biasanya khas ada di suatu bangunan candi.

Candi Lumbung dari arah depan (sisi barat)

Candi Lumbung dari arah depan (sisi barat)

Candi Lumbung dari sisi selatan

Candi Lumbung dari sisi selatan

 

Salah satu relief di candi Lumbung.

Salah satu relief di candi Lumbung.

Untuk menikmati candi ini tanpa guide memang jadinya hanya memerlukan waktu yang singkat saja. Informasi candi ini tersedia di papan poster yang tersedia di sebelah candi.

Informasi candi Lumbung

Informasi candi Lumbung

 

Keterangan soal relokasi candi.

Keterangan soal relokasi candi.

Cukup menarik untuk kita berkunjung sambil menikmati sejarah secara singkat. Silakan kalau berkunjung ke Ketep tidak ada salahnya singgah sebentar untuk melihat bangunan candi Lumbung ini.

1 thoughts on “Singgah di Candi Lumbung Muntilan-2

  1. Ping-balik: Singgah di Candi Lumbung Muntilan-1 | Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan komentar