Bakso Sampurna Temanggung

Kadang sering lewat daerah Temanggung ingin beristirahat dan mencari makan juga. Kalau yang khas di sana sebenarnya adalah bakso ulek. Kuliner yang satu ini pernah ditulis di blog anak saya (baca di sini). Bakso ulek Temanggung dijual di tempatnya di jalan raya sebelah timur pasar. Ada juga sih yang jual di deretan kios kaki lima yang mangkal di tepi alun-alun kota ini. Tetapi sering juga kami pergi ke tempat makan lain yakni warung bakso Sampurna.

Warung ini kata suami saya sudah lama sekali ada karena memang dulu sewaktu KKN tahun 1991 sudah sering makan bakso di situ. Warung bakso ini tadinya ada di dalam pasar Temanggung, tetapi kalau kami lebih suka makan yang di warung bakso di Kranggan. Warungnya ini di tepi jalan raya Temanggung-Secang di sebelah utara jalan pas pertigaan di Kranggan itu.

Makan bakso di sini dapat memilih menu cukup bervariasi. Kalau lapar pun dapat meminta tambahan nasi kupat. Selain pilihan bakso standar seperti bakso biasa, bakso urat, mi kuning, mi putih atau soun, dan tahu. Biasanya juga ditambahi dengan potongan daging sapi atau tetelan. Pelengkapnya tentu ditaburi irisan daun sawi, daun seledri dan bawang goreng. Lengkap deh dalam satu mangkok disiram dengan kuah bakso yang panas dan gurih. Selamat mencoba juga kuliner bakso yang satu ini.

Semangkok bakso Sampurna Temanggung.

Semangkok bakso Sampurna Temanggung.

Es campurnya juga lumayan.

Es campurnya juga lumayan.

 

Baksonya mantap !! Kata Ian tuh...

Baksonya mantap !! Kata Ian tuh…

Makan di tempat ini cukup santai juga. Ruang makannya lega dan tersedia banyak meja, sehingga tidak perlu berdesak-desakan. Hanya kalau pagi yang susah adalah kendala parkir roda empat karena berdekatan dengan pasar di seberang jalannya.

Kadang kalau dari Semarang mau pulang ke Yogya, sampai Secang pun, tergoda untuk belok ke sini dulu. Walaupun harus menempruh jarak 5 km kali dua. Untungnya sekarang tidak begitu maniak bakso lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s