Awas Templek-nya Jangan Tumplek

Kalau di Purwokerto, sering diajakin keponakan beli makanan kecil. Biasanya sih sering karena membelikan pesanan kraca maka pilihan kios yang dituju adalah yang berada di jalan Pereng. Tempatnya berupa angkringan dengan gerobak yang diletakkan di trotoar dekat pertigaan kecil di samping pasar sebelah barat penjara kota Purwokerto.

Angkringan ini menyediakan berbagai macam jenis makanan selain sayur kraca tadi juga ada aneka jenis gorengan mulai dari tempe medo, tahu, dage dan tidak ketinggalan adalah Templek. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas orang Banyumas selain mendoan yang telah go nasional.

Templek adalah makanan yang terbuat dari ampas kedele. Bahan ini diolah memanfaatkan ampas kedele yang diperoleh dari olahan pembuatan tahu sehingga sudah berukuran halus, setelah itu direbus matang. Untuk siap dibuat templek maka bahan tadi diberi bumbu bawang, ketumbar, garam dan sedikit cabe bubuk. Setelah itu dibentuk bulatan seperti bakso dan dicelupkan ke adonan tepung beras dan kemudian digoreng dalam minyak panas. Setelah matang maka jadilah apa yang disebut templek itu.

Gorengan templek khas daerah Banyumas.

Gorengan templek khas daerah Banyumas.

Rasanya ya enak dan khas. Lumayan apalagi kalau dimakan masih panas. Dimakan dengan cabe rawit juga enak. Kalau di rumah mertua biasanya makan templek sambil dicelupkan ke sambal kecap full pedas penuh caberawit.

Enak lah pokoknya…. Kalau beli banyak, bawa templek-nya hati-hati ya, jangan sampai tumplek….

One thought on “Awas Templek-nya Jangan Tumplek

  1. paling enak makan templek..ya tepungnya aja dikuliti,templeknya kan masih utuh bulat..cemplungin lagi di adonannya trs digoreng lagi…sippppplahhh pokokeee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s