Sate Ambal yang Khas

Sate ayam merupakan salah satu makanan paling popular di tanah air. Daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk bilah bambu atau lidi untuk kemudian dimatangkan dengan jalan dibakar di atas bara. Sate ayam ternyata dalam perkembangannya diketahui banyak muncul dengan sangat bervariasi khususnya tergantung dari bumbu yang digunakannya. Salah satu jenis sate ayam yang cukup dikenal ini adalah sate ayam yang berasal dari daerah Kebumen, tepatnya dari daerah Ambal. Oleh karena itu sate ayam ini juga dikenal sebagai Sate Ayam Ambal.

Saat ini kuliner sate ayam ambal memang telah cukup banyak dikenal. Sebagai kuliner yang khas dari daerah Ambal ini, sangat berbeda dari kebanyakan sate ayam yang lain. Yang jelas sate ini cukup enak dan harganya pun relatif tidak terlalu mahal, jadi banyak orang pun segera menyukainya.

Sate ayam ambal.

Sate ayam ambal.


Pembakaran sate dengan menggunakan arang tempurung.

Pembakaran sate dengan menggunakan arang tempurung.

Sate ayam Ambal dapat dikenali sebagai salah satu sate ayam tersendiri yang berbeda dari sate ayam lainnya. Keunikannya adalah terutama karena jenis bumbu sate yang digunakan untuk pelengkap sate ayam tersebut. Kalau sate-sate lain umumnya menggunakan bumbu yang terbuat dari sambal kacang, kalau sate ayam Ambal menggunakan bumbu dari bahan tempe kedelai yang ditumbuk. Ayam yang digunakan adalah dari jenis ayam potong, karena kalau menggunakan ayam kampung maka harganya akan menjadi lebih mahal lagi. Dari banyak tulisan disebutkan bahwa bumbu sambal sate ini terbuat dari banyak bahan yang dicampur secara khusus.

Potongan daging ayam ini selanjutnya ditusukkan menggunakaan lidi kelapa. Biasanya dalam setiap tusukan ada 3 potong daging dan satu potong kulit ayam. Selain itu tersedia juga sate yang khusus berisikan jeroan hati dan rempela. Sate ini kemudian dibakar di atas arang tempurung kelapa sampai matang. Sate ayam Ambal umumnya dibakar menunggu ada pesanan sehingga akan selalu dihidangkan dalam keadaan hangat.

Sate ayam ambal sebenarnya juga dapat dimakan langsung tanpa bumbu. Hal ini karena daging ayam yang akan dibakar sudah diberi bumbu melalui proses perendaman dalam bumbu rempah selama beberapa jam. Dengan demikian rasa sate sudah meresap dalam daging dan setelah dibakar maka sate juga sudah terasa sedap. Sate biasanya dihidangkan dalam piring dan bumbunya disajikan secara terpisah dalam mangkuk. Sate umumnya dimakan dengan menggunakan nasi kupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda (janur).

Salah satu warung sate ayam di Ambal.

Salah satu warung sate ayam di Ambal.

Jadi kalau anda ingin mencoba kuliner sate ayam Ambal ini, tentu saja pilihan terbaik adalah anda harus pergi ke Ambal Kebumen. Di sana tersedia banyak sekali warung makan penjual sate ayam Ambal ini. Anda mungkin akan heran melihat banyak sekali warung makan yang ada dengan membuat plang tanda warung makan sate ayam. Masing-masing mengaku asli dan yang lucu sering menyebut hubungan pertalian saudara dengan nama Kasman, yang merupakan tokoh perintisan sate ayam di daerah ini.

Kalau harus pergi ke Ambal ini cukup jauh, sekarang juga sudah banyak berdiri cabang warung sate ini di banyak tempat. Masih di daerah Kebumen, di daerah Kutowinangun dan Kebumen sendiri cukup banyak penjual sate ini baik yang berupa warung makan ataupun sekedar berjualan kaki lima. Di beberapa tempat pun sejauh ini sudah ada beberapa tempat makan sate ayam seperti di Yogyakarta dan Jakarta. Hayo kita coba kuliner khas satu ini….

Beberapa tulisan soal sate ayam Ambal ini dapat dilihat di :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s