Ambal Penghasil Sate Ayam

Kalau anda lewat Kebumen melalui jalur selatan, pastilah melewati kota kecamatan yang bernama Ambal. Daerah ini bersebelah dengan Mirit yang sekarang ini sedang ramai masalah eksploitasi pasir besi.

Kota kecamatan Ambal ini sebenarnya relatif cukup sepi. Walaupun sekarang sudah dilewati jalur selatan, tetapi masih belum tumbuh optimal. Terlebih di malam hari, daerah ini masih cukup sepi. Kami saja walaupun sudah cukup sering lewat jalur selatan ini, kalau sudah menjelang petang, lebih suka memilih jalur biasa lewat Kebumen-Purworejo daripada lewat jalur selatan yang lewat Ambal ini. Tetapi kalau untuk perjalanan santai khususnya di siang hari, jalur ini boleh jadi sebagai alternatif.

Kalau anda mau beristirahat, biasanya mengambil tempat di pom bensin atau di satu rumah makan, maka kalau lewat jalur selatan ini pilihan itu harus diganti. Pom bensin atau spbu di jalur ini tidak ada, paling hanya pengecer-pengecer saja, jadi pastikan mobil anda cukup bahan bakar dengan diisi dulu di Congot kalau dari arah timur atau di Karanganyar kalau dari arah barat. Untuk tempat makan, mungkin yang paling representatif adalah bertempat di Ambal ini.

Mengapa Ambal ? Karena di Ambal ini, mungkin sudah banyak dikenal orang dengan tempat makan sederhana dengan menu makanan khasnya berupa sate ayam. Sate ini memang menjadi ciri khusus daerah ini. Banyak warganya membuka warung dan berjualan sate ayam ini. Jadi tidak heran kalau masuk ke daerah ini terus disambut dengan berbagai pelang nama yang menawarkan sate ayam khas Ambal.

Suasana jalan di daerah Ambal yang penuh papan nama warung sate.

Suasana jalan di daerah Ambal yang penuh papan nama warung sate.

Warung dengan bangunan tradisional untuk berjualan sate Ambal.

Warung dengan bangunan tradisional untuk berjualan sate Ambal.

 

Salah satu warung sate ayam di Ambal.

Salah satu warung sate ayam di Ambal.

Memang sate ini sekarang banyak dijual juga di berbagai tempat lain seperti Kebumen, Gombong atau Yogyakarta. Paling banyak orang Ambal yang menjual sate di luar daerahnya adalah di Kutowinangun. Hal ini karena memang lokasinya cukup dekat dari Ambal sementara pembelinya juga cukup banyak.

Penjual sate Ambal di Kutowinangun.

Penjual sate Ambal di Kutowinangun.

 

Sate Ambal siap dimakan.

Sate Ambal siap dimakan.

Silakan mampir kalau lewat Ambal. Boleh dimakan di situ dengan nasi kupat. Kalau mau dibawa pulang untuk dibungkus pun juga enak. Bahkan sering kami juga membawa sate ayam Ambal ini buat oleh-oleh bagi keluarga. Warung makan sate ayam di Ambal sebagian besar sudah buka sejak pagi sampai malam hari. Di beberapa warung bahkan sudah buka sejak pukul 7 pagi, sehingga kalau perjalanan pagi dapat menjadi tempat untuk sarapan pagi dengan menu sate ayam ini.

Istirahat di daerah Ambal ini rasanya cukup pas, karena lokasinya pas di tengah-tengah jalur selatan ini. Misalkan perjalanan dari Yogyakarta ke Purwokerto, maka perjalanan selama 2 jam telah dilalui dan saatnya beristirahat di Ambal ini. Warung makan sate ayam cukup banyak bertebaran dan dapat dipilih salah satu untuk menjadi tempat istirahat dan menambah stamina anda.  Suasana tempat makan sederhana di kawasan pedesaan yang asri ini pun niscaya dapat menjadi sarana pelepasan lelah.

 

One thought on “Ambal Penghasil Sate Ayam

  1. Ping-balik: Sate Ambal yang Khas | Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s