Siwak Efektif Untuk Membersihkan Gigi

Alat sehari-hari yang diperlukan untuk membantu kegiatan membersihkan gigi umumnya adalah sikat gigi. Dengan menggunakan pasta gigi maka seseorang dapat menyikat gigi sehari dua kali sehingga diperoleh gigi yang bersih dan sehat. Namun sebenarnya ada produk lain yang berfungsi serupa yakni siwak.

Siwak ini sebenarnya merupakan alat untuk membersihkan gigi yang sudah dikenal jauh hari sebelum ada produk sikat gigi. Cara ini sudah dikenal di daerah padang pasir dan termasuk di berbagai daerah di tanah air. Jadi memang siwak sudah menjadi tradisi dari budaya beberapa tempat.

Siwak pada dasarnya terbuat dari ranting pelepah bunga palem. Di padang pasir siwak dibuat dari bahan tangkai beberapa jenis tanaman. Karakter bahan ini berbentuk serat memanjang pada bagian penyusun tangkainya. Proses pembuatannya, tangkai dipotong ukuran sekitar 15 cm kemudian di bagian ujungnya ditumbuk pelan-pelan menyerupai sapu. Bagian inilah yang kemudian digunakan untuk menggosok gigi dan membuang kotoran di sela-sela gigi. Mengingat terbuat dari tangkai ini maka bahan mudah rapuh, oleh karena itu, setelah digunakan dua tiga kali kemudian bagian ujung tadi harus dipotong dan terus ditumbuk lagi. Pemotongan ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri yang berlebihan pada ujung siwak. Demikian proses seterusnya sampai tangkai batang mulai habis dan diganti dengan yang baru.

Gosok gigi dengan siwak.

Gosok gigi dengan siwak.

Sumber bahan baku siwak.

Sumber bahan baku siwak.

Meskipun tidak praktis, namun penggunaan siwak juga perlu disarankan. Banyak manfaat  yang bisa didapatkan jika membersihkan gigi dengan siwak. Bahkan ada tradisi kuno yang menyarankan orang untuk membersihkan gigi dengan menggunakan siwak. Hal ini bahkan bisa berfungsi sekaligus sebagai bahan penguat gigi karena dapat menyumbang senyawa khlor pada gigi. Dari sisi mekanismenya seperti dikutip dari Detik Health baru-baru ini bahwa saat siwak tersebut digunakan dan berkontaminasi dengan ludah, maka siwak akan mengeluar senyawa fluor.

Selain kadar flour yang telah diketahui dari siwak ini, ternyata masih banyak manfaat siwak ini. Antara lain adalah dapat melawan penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri, memerangi plak gigi secara efektif, menghilangkan bau mulut dan membuat aromanya jadi harum, secara efektif dapat membersihkan daeran interdental (daerah di antara gigi), dan dapat meningkatkan sekresi (pengeluaran) ludah serta mencegah mulut kering. Bahkan ada penelitian di Swedia yang menemukan bahwa siwak mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan penyakit periodontal.Selain itu ada pula studi yang membandingkan antara siwak dengan sikat gigi dan disimpulkan siwak lebih efektif daripada sikat gigi dalam mengurangi plak dan radang gusi bila digunakan secara benar.

Saat ini memang yang jadi masalah adalah kesulitan untuk menemukan siwak di pasaran. Saya yakin jauh lebih mudah menemukan sikat gigi dan pasta gigi di banyak tempat sampai di pelosok-pelosok daripada menemukan siwak. Mungkin pembaca dapat memperoleh produk siwak ini di beberapa tempat khusus penjual oleh-oleh dari timur tengah atau toko milik orang keturunan Arab.

Jualan siwak di kaki lima.

Jualan siwak di kaki lima.

Siwak yang dikemas khusus.

Siwak yang dikemas khusus.

Siwak atau pasta gigi pada dasarnya satu pilihan. Pembaca boleh memilih mau menggunakan alat yang mana yang disukai. Akan tetapi yang penting adalah membersihkan gigi setiap hari itu adalah jauh lebih penting dan harus diperhatikan. Jadi jangan dijadikan alasan kalau kemudian tidak dapat menemukan produk siwak terus enggan gosok gigi  dong…..

Bacaan lebih lanjut soal siwak dapat dibaca berikut ini :

1. Khasiat kayu siwak (baca di sini)

2. Siwak atau miswak (baca di sini)

3 thoughts on “Siwak Efektif Untuk Membersihkan Gigi

  1. Wah, kalau begini bisa hemat pasta gigi dan juga lebih baik karena tidak mengandung zat2 berbahaya..
    tapi yang susah ya mencari siwak’nya..
    apakah anda tahu tmpt mencari siwak di daerah surabaya?
    Terima Kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s