Kupat Tahu Domplang – Blabak yang Mantap

Salah satu menu makanan yang aku suka adalah tahu kupat. Makanan ini berupa tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dilengkapi dengan ketupat, sayuran dan pelengkap lainnya dengan saos gula merah. Bagi orang Jawa menu ini cukup populer dengan sebutan tahu campur, tahu kupat, tahu telupat, tahu gejrot, tahu campur, tahu gimbal, ketoprak atau sebutan lainnya. Masing-masing memiliki variasi campuran dan kekhasan bumbu atau pelengkap tersendiri.

Di daerah Blabak ada satu warung yang menjual kupat tahu ini yang cukup enak. Di sana memang terdapat beberapa warung tahu kupat. Salah satu yang sudah cukup dikenal adalah warung tahu kupat Domplang. Warung ini terletak di sebelah utara pertigaan menuju arah Selo. Tepatnya di seberang jalan pertigaan di utara pabrik kertas Blabak. Warungnya sederhana dan berukuran kecil saja, sehingga kalau kadang sedang ramai, pengunjung meluber dan duduk di bangku di sebelah luar.

Sebenarnya warung tahu kupat ini hampir mirip dengan menu masakan tahu kupat yang lainnya. Mungkin yang terasa berbeda adalah karena tekstur tahu yang halus, bumbu saos gula dan kecap yang asli bikinan sendiri, serta suasana warung tradisional yang dijaga asli, sehingga membuat orang setia mendatangi warung ini.

Daerah sekitar Blabak ini memang dikenal sebagai penghasil tahu. Tahu yang diolah dari bahan kedelai ini biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal sekitar Mungkid dan Muntilan. Tahu asli dari daerah Blabak yang kenyal dan gurih, termasuk yang digunakan untuk memasok warung tahu kupat di Blabak ini. Tahu berukuran kotak-kotak kecil ini kalau digoreng akan memberi tekstur yang enak. Setelah dicampur dalam masakan tahu kupat ini maka dapat menyerap bumbu yang diberikan.

Satu piring menu tahu kupat Domplang Blabak.

Satu piring menu tahu kupat Domplang Blabak.

Yang bertugas menyiapkan menu pakai seragam lho....

Yang bertugas menyiapkan menu pakai seragam lho....

Untuk bumbu saos yang digunakan adalah menggunakan air gula kelapa dan kecap. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih dan kunir putih. Pengunjung dapat memesan tahu kupat dengan tingkat kepedasan yang diinginkan, sehingga penjual dapat menambahkan jumlah caberawit yang diinginkan. Kemudian dengan diulek bersama kacang tanah dan disiram saos maka bumbu saos sudah siap. Untuk diketahui kalau di warung tahu kupat Domplang ini katanya mereka menggunakan kecap asli buatan sendiri. Terakhir di atas menu yang sudah diramu tadi ditambahkan bawang goreng sebagai penyedap.

Di warung ini ada yang unik juga. Pengunjung diberi bonus daun seledri gratis. Jadi bagi yang ingin menambahkan potongan daun seledri dapat menambahkan sendiri sesuai selera. Daun seledri ini kadang di warung makan yang lain diberikan secukupnya, kalau di sini benar-benar disajikan dalam piring dan disediakan di tiap meja. Jadi daun seledri ini dapat memberi sensasi kesegaran bagi menu tahu kupat ini.

Satu piring dapat disajikan kurang dari lima menit. Namun karena banyak yang yang datang, pembeli harus menunggu agak lama. Kadang sering tidak dapat tempat duduk di dalam, jadi harus menunggu dulu pengunjung yang di dalam selesai untuk bergantian.

Bonus irisan daun seledri gratis....

Bonus irisan daun seledri gratis....

Harganya tidak mahal, boleh pesan porsi separo...

Harganya tidak mahal, boleh pesan porsi separo...

Bangunan warungnya sudah direnovasi....

Bangunan warungnya sudah direnovasi....

Silakan siapa mau mencoba kuliner ini. Biasanya warung buka pukul 10 pagi sampai sore. Kalau ke lokasi ini belum buka, di ruas jalan di Blabak ini juga terdapat warung tahu kupat lainnya. Bisa dicoba juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s