Bakso Polres Banjarnegara yang Gurih

Sepertinya tidak ada kuliner yang khas untuk daerah Banjarnegara. Jadi sering kalau lewat daerah sini dalam perjalanan pulang, sering hanya mampir ke tempat-tempat seadanya atau malah langsung sekalian mengepaskan di Wonosobo. Satu jenis makanan yang di daerah Banjarnegara ini sering untuk tujuan makan sekaligus melepas lelah sebentar adalah warung bakso. Di daerah ini sebenarnya cukup banyak juga warung bakso seperti bakso dekat terminal bis, bakso Olala, dan lain-lain. Kalau kami yang paling sering adalah warung bakso yang terletak di belakang kantor polres Banjarnegara.

Warung bakso ini sederhana saja, tetapi sering menjadi tempat kami makan kalau lewat kota Banjarnegara, khususnya kalau pulang karena dilewati jalan searah untuk lalu lintas yang dari arah Wonosobo. Warung ini tepatnya berada di jalan Panjaitan dengan nama Bakso Super dan Mi Ayam Bu Tomo. Kalau kami sih biasa menyebutnya warung bakso belakang polres.

Sesuai namanya di warung ini menjual menu bakso dan mi ayam. Bakso yang disajikan berupa bakso dengan isi bakso, tetelan daging, mi kuning dan mi putih / bihun. Kuah bakso yang digunakan relatif gurih seperti halnya bakso-bakso khas daerah sini dan daerah Wonogiri.

Warung bakso belakang polres Banjarnegara.

Warung bakso belakang polres Banjarnegara.



Semua padha suka makan baksonya ini....

Semua padha suka makan baksonya ini....


Kalau kami sering memilih menu bakso ini dan biasanya karena lapar selalu dengan makan pelengkapnya berupa ketupat. Jadi bukan pakai nasi melainkan ketupat yang memang sudah tersedia di meja. Ketupat dengan bungkus janur kelapa ini tinggal disobek dengan pisau dan diiris sendiri untuk dimakan bersama bakso.

Selain itu yang selalu ada di warung bakso atau soto di daerah Banyumas, adalah keberadaan klanthing. Makanan kecil ini lumayan dimakan sebagai camilan saat menunggu pesanan. Bisa juga klanthing dimasukkan ke dalam kuah bakso sebagai pengganti pangsit.

Selain bakso, pengunjung juga dapat memesan menu mi ayam. Kalau menu mi ayam di sini sih relatif biasa-biasa saja. Paling untuk lebih khas, kami pesannya mi ayam bakso. Jadi ke dalam menu mi ayam ini ditambahkan dua butir gelundungan bakso.

Di warung makan ini untuk minuman tersedia air putih yang disajikan gratis. Kalau mau ingin menu minuman lainnya dapat pesan teh atau jeruk baik panas atau dingin. Selain itu juga ada es campur yang lumayan juga.

Jadi lumayan juga kalau berhenti di warung bakso ini, bisa untuk sekedar membuang lelah sebentar sebelum melanjutkan perjalanan yang masih berlangsung satu jam lagi.

Ada mi, ada bihun, ada bakso, ada tetelan, ada seledri, ada bawang goreng....

Ada mi, ada bihun, ada bakso, ada tetelan, ada seledri, ada bawang goreng....


Baksonya mantap....

Baksonya mantap....


Makan dengan lahap....

Makan dengan lahap....

One thought on “Bakso Polres Banjarnegara yang Gurih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s