Gosok Gigi dengan Berus Gigi

Tahun 2009 lalu kami berkunjung ke Malaysia dalam rangka liburan bersama anak-anak untuk menengok suami yang sedang tugas belajar. Mengingat kunjungan dilakukan lebih dari 10 hari maka banyak bekal yang harus dibawa termasuk juga alat kebersihan diri. Memang selama di sana masih banyak memiliki kesamaan dengan situasi dalam negeri jadi tidak terlalu repot dan tidak harus beli yang baru. Beberapa kebutuhan juga dapat dibeli di sana jadi tidak harus dibawa dari tanah air.

Salah satu alat pribadi yang harus tersedia adalah sikat gigi. Ternyata dari kami bertiga ada sikat gigi yang tidak terbawa, sehingga harus dibeli di sana. Sewaktu membeli di toko atau kedai, baru tahu kalau di Malaysia itu tidak ada sikat gigi. Semua toko tidak ada yang menjual. Mereka hanya menjual produk yang namanya berus. Yak betul inilah nama sikat gigi dalam bahasa melayu.

Berus alias sikat gigi

Berus alias sikat gigi

Memang sih kalau beli di supermarket tidak perlu tahu nama alat ini. Kita tinggal pergi ke bagian rak yang memajang peralatan kebersihan diri, mestinya sikat gigi ada di sana dan kita tinggal mengambil untuk dibawa di kasir. Tapi kalau beli di kedai runcit yang tidak semua barang diambil sendiri jadi harus tanya dulu ke pelayan toko.

Jadi sekarang kita tahu apa namanya sikat gigi ini dalam bahasa melayu. Sepertinya ini sih berasal dari kata bahasa inggris brush yang diubah jadi berus.

Jom gosok gigi dengan berus….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s