Pelat Nomor Personal yang Istimewa 1804 RI

Soal pelat nomor kendaraan, sebenarnya hanya digunakan untuk identifikasi kendaraan saja untuk kepentingan kepemilikan. Namun dalam perkembangannya nomor kendaraan dapat digunakan untuk menunjukkan status pemilik. Caranya adalah dengan menggunakan nomor cantik sehingga dapat terbaca satu kata unik atau nama dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka yang tertera pada pelat nomor tersebut.

Untuk dapat memperoleh nomor kendaraan yang unik maka diperlukan cara memesan kepada pihak otoritas penerbit nomor kendaraan ini, dalam hal ini adalah kepolisian. Pelat nomor kendaraan di Indonesia umumnya menggunakan kombinasi huruf depan untuk identifikasi asal daerah, disambung dengan empat digit angka untuk merujuk nomor kendaraan dan diakhiri huruf lagi untuk identifikasi sub daerah dimana nomor tersebut dikeluarkan. Untuk nomor yang menggunakan kode kurang dari empat digit, sudah termasuk kategori nomor khusus. Pemesanan nomor khusus ini memerlukan pemesanan dengan harga tertentu.

Banyak juga pemilik kendaraan yang menginginkan kendaraannya memiliki nomor cantik. Kalau menggunakan kombinasi empat angka biasa, juga sebenarnya dapat dilakukan dengan jalan memilih nomor yang kembar keempatnya, nomor simetris,  nomor bulat, kombinasi angka tertentu, dan lain-lain.Pelat nomor IBU ARI

Kalau soal nomor cantik ini, mobil kami saja sudah memiliki riwayat nomor yang selalu cantik. Mobil kijang kapsul warna merah ini memang bukan dibeli baru, namun sejak awal dari BPKB sudah tertera riwayat penggunaan nomor cantik ini.

Nomor pertama adalah AB 4 NG. Kalau dibaca dalam bahasa Jawa, maka nomor ini merujuk pada bacaan ABANG. Hal ini sesuai dengan warna mobil ini yang berwarna merah atau abang.

Setelah mobil mau dibeli kami, pelat nomor itu dipindahkan oleh pemiliknya ke mobil mereka yang satunya. Mobil kijang ini kami beli dengan nomor berjumlah 4 digit, tetapi memiliki nomor yang cantik pula, yakni AB 1881 HB. Pelat nomor ini untuk pemilik yang berdomisili di daerah Bantul.

Setelah pemilik nama ini meninggal dunia, maka kami pun mengajukan berbalik nama kendaraan. Akhirnya kami dapat memilih sendiri nomor cantik untuk mobil kami. Dan bukan narsis karena sang pemilik mobil ini adalah ibu Ari maka nomor yang dipilih pun harus sesuai. Dapatlah nomor 1804 RI.

Masih belum jelas dimana cantiknya ? Pakai petunjuk ini : 1 = I, 8 = B; 0 = U (ini kalau di pelat belakang, bagian atas angka 0 ini ditutup selotip); 4 = A. Kemudian kami juga memesan pelat tambahan di tukang dengan angka 4 dipisahkan dan didekatkan ke huruf RI. Jadilah ! 18U 4RI atau IBU ARI.

Sobekan kartu parkir IBU ARI.

Sobekan kartu parkir IBU ARI.

Kalau tetap dianggap kurang cantik, ya biarlah. Yang penting pemiliknya tetap cantik saja.

2 thoughts on “Pelat Nomor Personal yang Istimewa 1804 RI

  1. sippp….tapi ati2 dengan plat nomor cantik,pengalaman R9000LV….ternyata ada yang pake juga,sesama anggota lagi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s