Membuat Setup Manisan Carica Sendiri

Sepulang dari Dieng beberapa waktu lalu ternyata membawa oleh-oleh buah carica segar. Bingung tinggal bingung, akhirnya terpaksa turun tangan untuk mengolah buah tersebut menjadi manisan minuman setup.

Waktu di Dieng sebenarnya kami sudah membeli manisan carica dalam toples. Tetapi kemudian itu rencana untuk dibawa ke Malaysia. Akhirnya dalam perjalanan tersebut, kami singgah ke tempat kenalan pakde di Dieng. Ternyata di belakang rumah terdapat banyak pohon carica yang sedang berbuah lebat. Akhirnya malah ditawari untuk membawa buah segar ini untuk diolah sendiri menjadi manisan buah.

Waktu itu dibawakan sekeranjang besar buah carica. Keesokan harinya, buah carica ini diolah menjadi manisan dengan petunjuk ibu yang kemarin memberikan. Buah seukuran telapak tangan ini memang mirip buah pepaya biasa. Buah ini bergetah juga dan membuat tangan sedikit agak gatal bila terkena getah ini.

Buah carica segar dari Dieng.

Buah carica segar dari Dieng.

Buah carica siap dikupas.

Buah carica siap dikupas.

Buah carisa dikupas biasa. Kemudian buah dibelah. Bagian dalam buah yang berbiji sebenarnya dapat langsung dibuang saja, namun menurut ibu kemarin, jangan dibuang. Bagian berbiji ini ternyata kalau diperas menghasilkan sedikit cairan yang membuat buah berwarna harum. Cairan yang ditampung ini kemudian dapat ditambahkan pada rebusan air gula saat membuat manisan.

Bagian daging kemudian dicuci dan dipotong sesuai selera. Selanjutnya irisan daging buah carica ini dimasukkan ke dalam panci berisikan air gula dan perasan bagian dalam buah yang berbiji. Bahan ini dipanaskan sampai mendidih beberapa lama sehingga gula yang ditambahkan larut semua. Manisan ini berwarna bening, dapat juga ditambahkan sedikit pewarna jika diinginkan. Tetapi tanpa pewarna pun sudah menarik karena warna kuning dari buah carica ini sudah tampak.

Buah dibelah jadi dua.

Buah dibelah jadi dua.

Bagian isi buah yang berbiji dipisahkan.

Bagian isi buah yang berbiji dipisahkan.

Daging buah dipotong sesuai selera.

Daging buah dipotong sesuai selera.

Manisan ini selanjutnya didinginkan dan siap dihidangkan. Jika ingin segar lagi maka dapat ditambahkan pecahan es batu supaya terasa dingin. Nikmat dan segar pokoknya, tidak kalah dengan manisan carica yang beli jadi.

Kemarin waktu dibuat manisan ini selain untuk hidangan minuman keluarga juga sekaligus untuk jamuan acara arisan di rumah. Minuman manisan buah cariaca ini disuguhkan buat sajian arisan ibu-ibu perumahan. Lumayan juga ternyata banyak yang suka. Jelas karena segar dan rasanya unik sih.

2 thoughts on “Membuat Setup Manisan Carica Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s