Carica – Oleh-oleh dari Wonosobo

Salah satu bawaan wajib kalau berkunjung ke Wonosobo ataupun ke Dieng adalah oleh-oleh manisan buah Carica. Manisan ini merupakan salah satu pilihan yang baik untuk dijadikan oleh-oleh karena cukup awet disimpan dalam jangka waktu lama tanpa rusak. Rasa unik dari buah ini dapat memberikan sensasi kesegaran yang berkesan saat diminum.

Manisan buah carica sebenarnya tidak banyak berbeda dengan manisan buah lainnya, seperti manisan buah salak, nenas atau buah lainnya. Hanya saja manisan buah carica ini terlihat lebih eksklusif dengan tampilan kemasan yang wah. Setup manisan buah carica dikemas dalam toples gelas berukuran kecil. Satu toples kecil yang dijual dengan harga enam ribu rupiah cukup untuk dibuat minuman segar enam gelas. Kalau mau dapat harga lebih murah lagi, maka pengunjung dapat membeli dalam kemasan karton yang berisikan 10 toples.

Dalam satu botol toples manisan buah carica, berisikan sekitar 250 gram termasuk sirup buahnya. Buah carica berukuran potongan kecil-kecil berwarna kuning muda dalam sirup bening yang manis. Makanan ini setelah dibuka dapat disajikan dengan ditambahkan sedikit air putih dan es batu. Rasa manis dari sirup dan aroma wangi yang khas buah carica akan memberikan rasa yang cukup unik dan segar.

Oleh-oleh carica dari Dieng Wonosobo.

Oleh-oleh carica dari Dieng Wonosobo.

Kalau mendengar kata carica memang terdengar satu kata baru yang asing. Manisan ini dibuat dengan memanfaatkan buah carica yang merupakan sejenis buah pepaya. Boleh saja disebut sebagai buah pepaya mini, karena memang diolah dari jenis buah pepaya yang ukurannya kecil-kecil saja.

Berbeda dengan buah pepaya biasa yang boleh dimakan segar, kalau buah carica ini tidak enak untuk dimakan langsung. Jadi memang harus diolah dahulu dalam bentuk manisan. Kalau sudah dalam bentuk manisan ini, memang rasanya jadi sangat enak. Coba dulu sih….

Kembali pada istilah carica ini, saya kira mungkin pembaca lebih familiar kalau mendengar dan menyanyikan lagu caca marica hehey….!!

4 thoughts on “Carica – Oleh-oleh dari Wonosobo

  1. Saya pernah mampir ke Purwokerto dalam suatu perjalanan, dan menemukan toples buah carica seperti foto diatas. Ternyata cara mengkonsumsinya dengan di campur air putih lagi ya…wah, pantesan rasanya manis banget, saya makannya langsung comot dari dalam toplesnya😦
    Salam kenal Bu Dokter…

    • wah ya… kalo yang suka manis ada tuh yang langsung dimakan gt, airnya diminum dikit2… tapi memang paling enak di masukkan gelas besar diberi es batu banyak… hmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s