Toso – Oleh-oleh Unik dari Purbalingga

Satu jenis oleh-oleh yang khas dari daerah Purbalingga adalah Roti Toso. Roti ini sebenarnya tidak berbeda dengan oleh-oleh dari Purwokerto yakni Nopia. Kedua makanan ini berasal dari bahan yang sama dan rasa yang mirip-mirip. Satu hal yang membedakan roti toso dan nopia adalah bentuk penampilannya. Bentuk unik roti toso inilah yang membuat makanan ini disebut sebagai makanan khusus untuk 17 tahun ke atas.

Kedua makanan khas daerah ngapak-ngapak ini memiliki rasa manis. Bahan baku yang digunakan adalah tepung beras, kacang hijau dan gula. Adonan dari bahan-bahan ini selanjutnya diaduk rata dan kemudian dibuat menjadi bentuk yang diinginkan.

Roti ini cukup awet dan tahan lama, jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Roti toso banyak dijual di berbagai tempat penjual oleh-oleh di daerah Purbalingga dan sekitarnya. Produk ini biasa dikemas rapat dalam bungkusan plastik dengan merek yang disablon di luarnya. Dengan kemasan seperti ini maka produk roti toso ini akan tampak dari luar untuk memikat orang agar tertarik membeli dan mengkonsumsinya.

Sekeping roti toso - oleh-oleh dari Purbalingga.

Sekeping roti toso - oleh-oleh dari Purbalingga.

Salah satu kemasan roti toso.

Salah satu kemasan roti toso.

Kalau nopia dibuat menjadi bentuk bulat, maka roti tosi ini memiliki bentuk yang unik. Roti toso dibentuk dengan jalan dibentuk pipih menjadi seperti piring, setelah itu dilipat dan digoreng. Jadi kalau diperhatikan secara selintas bentuk roti toso ini menyerupai organ vital perempuan. Tapi tidak usah hal ini diperhatikan, yang penting kalau lihat langsung dimakan saja. Rasanya memang enak dan isinya juga penuh kok.

Silakan kalau datang ke Purbalingga, tidak lengkap kalau pulangnya belum menjinjing oleh-oleh roti toso.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s