Harga Cabe yang Melangit

Saya itu bingung soal harga cabe atau caberawit yang selalu naik turun tidak jelas. Saat harga cabe naik membumbung tinggi maka jelas akan jadi persoalan bagi banyak orang, termasuk juga bagi para pengelola rumah makan. Memang kenaikan harga cabe sekarang ini agak keterlaluan.

Sebenarnya di rumah sih tidak begitu suka akan makanan yang pedas-pedas. Namun seperti halnya masakan yang umum di sini, walaupun bukan makanan pedas, selalu ada tambahan cabe dalam bumbu masakan tersebut. Kecuali kalau ada keluarga dari Purbalingga yang datang, maka biasanya selalu ada keperluan cabe untuk membuat sambal guna menemani makan gorengan mendoan. Kalau mau membuat sambal uleg biasanya diperlukan cabe merah, sedangkan kalau mau membuat sambal kecap diperlukan cabe rawit yang pedas.

Waktu harga cabe melambung tinggi, untuk memperoleh cabe ini jadinya bikin stress juga. Lha memang harganya naik, sekilo sampai di atas seratus ribu. Padahal bukan waktu-waktu mendekati lebaran lho. Kalau beli cabe di bakul sayur keliling, seribu rupiah dapat lima buah caberawit. Jadi di masakan, cabe ini ibaratnya hanya untuk hiasan semata.

Caberawit yang mahal.

Caberawit yang mahal.

Tanaman cabe rawit di halaman.

Kalau eyang dari Purbalingga biasanya telaten mengajarkan untuk menebar biji lombok, khususnya cabe rawit yang matang untuk ditumbuhkan di halaman. Memang ada beberapa yang tumbuh, tapi masih belum mengeluarkan buahnya. Jadi tentu saja belum bisa dipetik. Ada tetangga yang menanam cabe rawit di halamannya. Saat itu sedang berbuah lebat, wah jadi incaran tuh karena buahnya sekarang jadi komoditi yang berharga.

Bahkan kalau membeli gorengan di bakul keliling, sekarang beli bakwan. Bonus cabe rawitnya sudah tidak ada lagi. Hal yang parah lagi kalau beli bakso atau mi ayam, sekarang sambal yang disajikan bukan lagi murni sambal dari cabe. Melainkan sambal yang sudah dimanipulasi dengan tambahan saos sambal yang kurang pedas.

Jadi saat ini kalau ingin merasakan pedas dengan harga yang masih terjangkau. Pilihannya adalah pergi ke warung makan padang atau warung sega penyetan. Di warung makan padang biasanya masih tersedia sambal lombok ijo-nya. Kalau di warung sega penyetan, masih tersedia sambal bawangnya yang rasanya kayak mercon.

Mudah-mudahan harga cabe dapat segera normal kembali.

Katanya ada resep baru lagi supaya dapat merasakan pedes, caranya makan sambil pakai sandal jepit. Hayo tahu caranya gak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s