Menemani Anak Menggosok Gigi

Gosok gigi ternyata sering dilakukan dengan cara yang salah oleh remaja, bahkan oleh orang yang sudah berumur. Hal ini terutamanya diakibatkan pada saat masih anak-anak mereka melakukan gosok gigi seperlunya saja. Orang tua ikut bertanggungjawab pada masalah ini.

Seperti kita ketahui bahwa gosok gigi pada anak-anak seringnya lebih ditekankan pada kuantitas mereka untuk melakukan kegiatan gosok gigi ini. Untuk kualitas berupa teknik gosok gigi yang baik kadang diabaikan oleh orang tua. Memang teknik menggosok gigi ini seharusnya diberitahukan sekedaranya dan selanjutnya tentu tidak bisa dilakukan pengawasan terus menerus. Jika teknik menggosok gigi yang salah terus berlanjut bisa jadi berakibat tujuan untuk membersihkan kotoran di gigi menjadi tidak tercapai.

Untuk menumbuhkan kebiasaan gosok gigi dan mengajarkan teknik gosok gigi yang baik dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Orang tua dapat melakukannya dengan jalan pendampingan saat melakukan aktivitas gosok gigi ini. Setiap anak memiliki naluri untuk selalu meniru kebiasaan orang lain. Dengan demikian termasuk halnya dalam melakukan kegiatan gosok gigi ini mereka akan merekam kebiasaan dan cara yang dilakukan oleh orang tuanya tersebut.

Ibu mengajarkan gosok gigi yang baik.

Ibu mengajarkan gosok gigi yang baik.

Dari survey yang dilakukan terhadap 1000 orang di Inggris yang dilakukan oleh Dental Health Foundation (BDHF) memberikan beberapa hal yang menarik. Salah satunya adalah temuan  bahwa banyak orang tua yang mengabaikan soal pendampingan pada anak saat melakukan gosok gigi ini yang kemudian memiliki hubungan dengan kesehatan gigi anak tersebut.

Bahkan ada satu temuan dari survey itu yang menyebutkan seperempat responden menyatakan bahwa mereka tidak membiasakan gosok gigi pada anak dua kali sehari. Hal ini mereka pikirkan dengan pertimbangan bahwa saat anak-anak mereka belum terlalu prioritas untuk selalu menajga kebersihan mulutnya. Tentu saja hal ini akan berakibat menjadi kebiasaan yang salah saat mereka tumbuh besar nantinya.

Oleh karena itu memang seyogyanya para orang tua untuk lebih telaten lagi dalam menumbuhkan kebiasaan menggosok gigi pada anak-anak mereka. Cara paling mudah adalah dengan melakukan aktivitas gosok gigi secara bersama. Kegiatan pendampingan seperti ini akan dapat menumbuhkan kebiasaan yang baik sekaligus menjaga keeratan hubungan keluarga.

Orang tua perlu menyempatkan diri menemani anak gosok gigi.

Orang tua perlu menyempatkan diri menemani anak gosok gigi.

Gosok gigi ramai-ramai.

Gosok gigi ramai-ramai.

One thought on “Menemani Anak Menggosok Gigi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s