Saat Tepat Mengajarkan Gosok Gigi pada Anak

Gosok gigi adalah aktivitas yang perlu dilakukan pada setiap orang. Untuk itu kebiasaan gosok gigi hendaknya dilakukan sejak dini sehingga tumbuh menjadi suatu kebiasaan yang rutin dilaksanakan. Seperti halnya aktivitas mandi yang rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan badan, maka gosok gigi juga rutin harus dilakukan.

Untuk mandi dilakukan sejak bayi terlahir sudah dibiasakan pada anak. Untuk gosok gigi tentu saja berbeda saat memulai melakukan kebiasaan ini. Tentu saja sewaktu bayi baru lahir, gigi belum muncul di bagian mulut bayi. Gigi bayi baru muncul setelah berumur beberapa bulan saat mereka tumbuh dalam masa pertumbuhan sebagai seorang balita atau bawah lima tahun. Sebenarnya pada saat itulah sudah dapat dimulai kebiasaan menggosok gigi.

Teknik menggosok gigi yang diperkenalkan pada balita ini tentunya berbeda dengan teknik gosok gigi orang dewasa. Demikian juga halnya dengan sikat gigi dan pasta gigi yang digunakan. Peralatan yang digunakan mestinya memang yang khusus diperuntukkan bagi kalangan balita. Peralatan dan produk perawatan khusus bayi dan anak-anak biasanya yang sudah teruji aman untuk mereka.

Sejak kecil sudah dibiasakan untuk menggosok gigi.

Sejak kecil sudah dibiasakan untuk menggosok gigi.

Sikat gigi yang digunakan untuk bayi relatif memiliki bulu yang halus. Dengan demikian sikat dijamin tidak menimbulkan efek melukai gusi dan bagian mulut balita. Ukuran sikat gigi juga lebih mungil disesuaikan dengan ukuran mulut balita dan memiliki desain pegangan yang mudah untuk dipegang mereka. Demikian juga pasta gigi yang digunakan adalah berbeda dengan produk pasta gigi untuk orang dewasa. Saat ini di pasaran banyak tersedia sikat gigi dan pasta gigi yang diproduksi khusus untuk anak-anak. Memang harga produk-produk seperti ini biasanya akan lebih mahal, namun perlu juga dipikirkan pembelian produk ini.

Pada saat itu tujuan yang utama adalah bukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun balita lebih ditekankan pada melatih kebiasaan menggosok gigi saja secara rutin. Hal ini bisa dilaksanakan bersamaan dengan saat balita sedang mandi.

Jadi kalau anda memiliki balita yang sedang dalam usia pertumbuhan. Tidak ada salahnya, mulailah untuk melatih mereka dan menumbuhkan kebiasaan untuk menggosok gigi mereka secara rutin.

Sejak gigi mulai tumbuh, dibiasakan sikat gigi.

Sejak gigi mulai tumbuh, dibiasakan sikat gigi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s