Manfaat Sikat Gigi Kondisi Kering

Bagi kebanyakan orang melakukan aktivitas gosok gigi harian dilakukan dengan menggunakan sikat gigi dan dibantu dengan pasta gigi dan air. Ternyata ada alternatif lain yang menurut ahli pergigian dari The University of Chicago, yang menyatakan gosok gigi tanpa air dan pasta gigi dapat lebih bermanfaat menjaga kesehatan gigi.

Menggosok gigi dengan sikat gigi tentu saja menggosokan bulu-bulu sikat ke atas permukaan gigi. Dalam keadaan ini dengan menambahkan air maka proses penggosokan menjadi lebih mudah karena adanya media cairan. Selain itu juga kita menggunakan pasta gigi yang berfungsi sebagai bahan pembersih. Dalam pasta gigi juga ada komponen surfaktan yang diharapkan mampu mengangkat kotoran di permukaan gigi secara kimiawi. Dengan demikian diharapkan dapat terjadi proses pembersihan gigi dari kotoran terutama sisa-sisa makanan yang melekat di gigi.

Jika kita menggosok gigi dalam keadaan kering tanpa berkumur dengan air dan tanpa menggunakan pasta gigi, maka pembersihan hanya mengandalkan proses penggosokan bulu-bulu sikat pada permukaan gigi saja. Dalam kasus ini tidak terjadi proses pembersihan secara kimiawi.

Pada proses gosok gigi kondisi kering ini, sewaktu awal menggosok gigi, kondisi mulut adalah dalam keadaan minim cairan. Di dalam mulut memang hanya terdapat cairan saliva atau lebih kita kenal dengan sebutan air ludah. Air ludah inilah yang membantu jalannya proses penggosokan dengan sikat gigi.

Gosok gigi tanpa odol.

Gosok gigi tanpa odol.

Sebenarnya manfaat apakah yang diperoleh dengan dilakukannya gosok gigi kondisi kering ? Menurut ahli yang saya kutipkan ini, melakukan gosok gigi dengan sikat gigi kering selama satu menit akan lebih efektif untuk menghilangkan bakteri dan plak gigi yang kemudian akan menempel di sikat. Tentu saja prosesnya setelah itu orang harus berkumur juga untuk menghilangkan bekas gosok gigi yang tertinggal di dalam mulut. Memang dalam kondisi kering gesekan bulu sikat dengan permukaan gigi tentunya berlangsung lebih efektif karena secara fisik terjadi kontak langsung tanpa keberadaan media cairan. Jadi wajar dan dapat diduga proses pelepasan kotoran itu lebih mudah terjadi.

Hanya saja kalau orang setiap hari melakukan gosok gigi kondisi kering seperti ini, tentu akan ada efek lain. Dengan cara ini jelas tidak akan menyisakan rasa segar di mulut setelah melakukan kegiatan gosok gigi. Bagi orang yang terbiasa melakukan gosok gigi dengan pasta gigi, setelah gosok gigi mesti terasa kesegaran aroma pasta gigi. Efek yang lain dari sini adalah mungkin aroma mulut tidak dapat  hilang semua. Jadi bagi orang yang bermasalah memiliki bau mulut yang kurang enak, mungkin cara ini tidak menjadi pilihan.

Dalam melakukan kegiatan gosok gigi kondisi kering tentu saja diperlukan sikat gigi berbulu halus. Gunanya tentu saja adalah untuk menjaga jangan sampai menimbulkan goresan ke gusi, karena dapat menimbulkan luka. Jika terjadi luka yang tidak diharapkan maka dapat berakibat sariawan. Hal ini malah menimbulkan efek yang lebih parah.

Jika ingin tetap melakukan gosok gigi kondisi kering, maka alternatifnya adalah dengan melakukan kombinasi kondisi kering dan dilanjutkan sikat gigi cara biasa. Jadi di awal sekitar 1 menit melakukan gosok gigi kering kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pasta gigi. Cara ini mungkin yang lebih baik untuk dapat dicoba. Kebersihan terjaga dan aroma mulut juga tetap segar.

Lagipula kalau setiap saat dan seluruh orang melakukan gosok gigi dengan kondisi kering, lalu pasta gigi akan tidak laku di pasaran. Produsen pasta gigi siap-siap akan bangkrut nantinya, hayo siapa yang bertanggung jawab.

Sekali-sekali gosok gigi tanpa pasta gigi dan air.

Sekali-sekali gosok gigi tanpa pasta gigi dan air.

One thought on “Manfaat Sikat Gigi Kondisi Kering

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s