Air Garam untuk Mengatasi Radang Gusi

Gigi goyah atau tanggal pada orang dewasa sering terjadi karena kondisi gusi yang kurang baik atau terjadi peradangan. Jika terjadi peradangan gusi maka yang bersangkutan akan merasakan sakit yang sangat terasa. Pada kondisi ini sering terjadi pertumpukan bakteri di bagian gusi tersebut.

Pengobatan hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Dengan mengkonsumsi obat ini maka aktivitas bakteri dapat dihambat dan pada akhirnya akan mengurangi rasa sakit di bagian gusi tersebut.

Gusi yang pernah mengalami peradangan biasanya akan sering berulang. Untuk itu yang bersangkutan seharusnya memeriksakan kondisinya ini ke dokter gigi untuk ditangani lebih lanjut. Obat antibiotik hanya bisa diberikan oleh dokter dengan menggunakan resep untuk ditebus di apotik. Obat antibiotik tidak boleh diberikan secara bebas tanpa mengetahui aturan batasan dosis yang diperuntukkan.

Apabila terjadi radang gusi sewaktu-waktu sementara pergi ke dokter gigi juga tidak memungkinkan maka pilihan penanganan darurat harus dilakukan. Sakit radang gusi ini membuat rasa cekat-cekot yang membuat senewen. Tindak darurat yang paling mungkin adalah mencegah aktivitas bakteri di sekitar gusi itu.

Dengan menggunakan bahan yang selalu dijumpai di rumah, maka penanganan radang gusi secara darurat pun dapat dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan garam dapur. Larutan garam dapur dibuat dengan konsentrasi secukupnya dapat mengurangi aktivitas bakteri yang berarti juga dapat meredam rasa sakit yang terjadi dari radang gusi ini.

Radang di mulut penyebab sakit gigi.

Radang di mulut penyebab sakit gigi.

Garam dapur untuk obat sakit gigi sementara.

Garam dapur untuk obat sakit gigi sementara.

Seduh garam dapur secukupnya dan aduk hingga larut.

Seduh garam dapur secukupnya dan aduk hingga larut. Gunakan untuk berkumur.

Larutan garam dapur memang menimbulkan rasa asin di lidah, namun di sisi lain peruraian menjadi ion-ion di dalam air kumur itu dapat mematikan aktivitas bakteri. Jadi untuk kondisi darurat, berkumur dengan air garam ini dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan sakit radang gusi yang kambuh ini.

Kalau sudah tidak terasa sakit dan kondisi sudah memungkinkan jangan tunggu sakit radang ini kambuh lagi. Segera saja pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gusi sehingga dapat ditangani dengan perawatan yang lebih sesuai.

3 thoughts on “Air Garam untuk Mengatasi Radang Gusi

  1. Ping-balik: Minyak Cengkeh untuk Obat Gigi « Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s