Menjaga Kesehatan Gusi dengan Makan Ikan

Pada sebagian besar  orang dewasa, gangguan kesehatan gigi dan mulut sering sekali terjadi. Gangguan tersebut ujung-ujungnya sering berakibat kita terpaksa kehilangan gigi. Bagi kebanyakan orang seperti dikutip dari Kompas Online disebutkan bahwa banyak penduduk Indonesia yang mengalami masalah gigi yang ternyata akibat sakit pada bagian gusinya. Hal ini diketahui ternyata salah satu sebabnya karena kesehatan gusi yang tidak terjaga.

Penyakit gusi adalah salah satu penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa. Gusi yang tak pernah dirawat misal tidak rutin menyikat gigi atau tidak pernah membersihkan karang gigi /scaling, sering mengalami peradangan disebut gingivitis, akibat dari terbentuknya kantung plak (pocket gingiva)di antara gigi dan gusi. Jika berlanjut radang tersebut akan semakin dalam mencapai jaringan di bawah gusi disebut periodontitis. Penyebab kondisi ini adalah terjadinya tumpukan bakteri. Jika kemudian tidak dilakukan pembersihan dan  perawatan maka periodontitis akan memburuk dan berakibat  jaringan pendukung gigi rusak, gigi menjadi goyah, bahkan bisa tanggal, meskipun giginya sendiri tidak bermasalah.

Salah satu cara untuk mencegah peradangan tersebut diantaranya adalah membersihkan gigi secara teratur baik menyikat gigi, scaling rutin dan mengkonsumsi makanan bergizi. Memperbanyak konsumsi ikan, terutama ikan laut karena mengandung banyak omega-3  dapat menjadi salah satu jalan keluar meningkatkan ketahanan jaringan gusi dari kerusakan. Peneliti dari Harvard Medical School mengatakan bahwa bakteri penyebab periodontitis bisa tumbuh karena adanya peradangan. Terapi antiinflamasi dengan omega-3 ternyata menghasilkan efek yang positif untuk mengatasi peradangan yang berarti senyawa ini secara tidak langsung dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Senyawa omega-3 memang sebelumnya diketahui dapat berfungsi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menjaga kesehatan liver.

Ikan dan minyak ikan kaya akan omega 3 dan omega 6

Ikan dan minyak ikan kaya akan omega 3 dan omega 6

Dari survey lain yang dilakukan dengan melibatkan 9.000 orang dewasa yang berpartisipasi tentang kesehatan gigi dan nutrisi, diketahui bahwa empat persen dari responden menderita penyakit gusi. Namun, responden yang rutin makan ikan laut ternyata hanya sedikit yang menderita periodontitis. Survey tersebut juga menemukan pasien dengan gusi yang sehat memiliki kadar protein C-reactive yang rendah dalam darahnya. Protein C-reaktive adalah salah satu protein patologik yang ditemukan dalam darah pada fase akut peradangan dalam tubuh.

Memang konsumsi ikan yang banyak mengandung omega-3 tetap dianjurkan. Akan tetapi yang lebih penting lagi adalah melakukan pencegahan timbulnya penyakit itu (preventif care). Cara yang paling murah adalah berupa langkah untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Menggosok gigi tiap hari akan dapat menjaga kesehatan mulut.

3 thoughts on “Menjaga Kesehatan Gusi dengan Makan Ikan

  1. Selamat siang Dok,, maaf saya mau tanya,, artikel Menjaga Kesehatan Gusi dengan Makan Ikan itu Anda mendapat sumber dari mana ? Jurnal atau Text Book?
    Tlg di jwb.. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s