Menyumbang Lewat Celengan Merapi

Beberapa waktu lalu, kalau melewati daerah titik nol di kota Yogyakarta terlihat sesuatu pemandangan yang berbeda. Trotoar yang berada di selatan benteng atau di seberang kantor pos besar, ternyata dipenuhi banyak celengan. Celengan ini ternyata merupakan kreasi hasil kontribusi seniman kota ini yang peduli untuk ikut menyumbang pada korban merapi. Namun caranya yang memang unik, yakni menggunakan media celengan.

Celengan ini diperoleh dari para pengrajin keramik dari daerah Kasongan, Bantul. Celengan ini berbentuk aneka rupa yang kebanyakan adalah menyerupai bentuk binatang. Kemudian oleh para seniman ini, celengan diberi warna sehingga terlihat menarik dan sangat meriah. Celengan yang berjumlah puluhan ini kemudian dibawa dan ditata di trotoar ujung jalan Senopati itu.

Celengan untuk menerima sumbangan pengungsi merapi.

Keberadaan celengan itu tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang lewat. Termasuk juga para pengendara yang menjadikan hiburan sementara sambil menunggu lampu merah di lokasi itu.

Celengan secara fungsional adalah tempat untuk menyimpan uang sebagai tabungan di rumah. Namun dalam hal ini menjadi berubah, celengan yang disediakan di lokasi ini diperuntukkan bagi orang untuk mengisi ke dalamnya. Hasilnya kemudian diperuntukkan untuk membantu korban letusan gunung Merapi. Jadi silakan saja sambil berjalan-jalan, pengunjung dianjurkan juga ikut mengisi celengan ini. Hitung-hitung sambil beramal dengan niat yang ikhlas.

Perlu diacungi jempol, ide dan kreativitas seperti ini… Semoga sukses…

 

One thought on “Menyumbang Lewat Celengan Merapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s