Mengenal Produk Pembersih Gigi Benang Gigi

Perawatan kebersihan mulut yang terutama adalah dengan pembersihan gigi. Umumnya orang sudah mengenal pembersih gigi berupa sikat gigi. Perawatan dengan sikat gigi tentu saja menggunakan bahan pembantu berupa pasta gigi. Pada tulisan ini saya perkenalkan produk pembersih gigi lain yang dikenal dengan istilah Benang Gigi atau Dental Floss.

Menggunakan benang gigi dapat efektif untuk membersihkan kotoran dari sela-sela gigi.

Benang gigi merupakan produk pembersih gigi alternatif yang perlu lebih diperkenalkan bagi orang banyak. Sikat gigi digunakan dengan cara digosokkan ke seluruh permukaan gigi dan bulu sikatnya akan mencapai sela-sela gigi serta bagian antara gigi dan gusi. Sikat gigi yang digunakan sebenarnya tidak sepenuhnya efektif untuk menyikat sisa-sisa makanan yang yang terselip dan melekat kuat pada celah antar gigi yang sulit dilepaskan begitu saja. Kalau benang gigi yang berupa sehelai benang halus akan efektif untuk melakukan tugas ini. Benang gigi digunakan secara manual untuk diulirkan di sela-sela antar gigi. Sisa makanan seperti serat daging, buah atau sayuran yang terjepit di tengah sela gigi kalau dengan sikat gigi mungkin masih tertinggal, maka dengan menggunakan benang gigi akan dapat dibersihkan.

Saat menggunakan benang gigi, tentu saja harus diperhatikan penggunaannya hanya pada sela-sela gigi secara perlahan. Jangan sampai menggunakan terlalu bawah sampai mengenai gusi, karena dapat menyebabkan gusi tergores dan mengeluarkan darah.

Penggunaan benang gigi dapat bersifat saling melengkapi dengan penggunaan sikat gigi. Artinya setiap hari kita menggunakan sikat gigi sesuai kebiasaan, kemudian jika setelah makan makanan tertentu yang dirasa meninggalkan sisa di sela-sela gigi, maka benang gigi dapat kemudian digunakan.

Jika penggunaan sikat gigi umumnya dilakukan di kamar mandi atau di wastafel, maka penggunaan benang gigi dapat dilakukan di tempat kering. Hal ini karena pada saat menggunakan benang gigi tidak memerlukan air. Namun tentu saja akan lebih baik apabila dilakukan dalam tempat tertutup juga karena bersifat tidak sopan jika dilakukan di tempat terbuka. Jika diperlukan setelah menggunakan benang gigi dapat juga berkumur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan lainnya.

Benang gigi bersifat disposable, artinya hanya untuk digunakan sekali pakai dan setelah itu harus dibuang. Di pasaran, benang gigi tersedia dalam kemasan kotak yang berisikan 1 pak benang gigi. Pengguna dapat mengambil sehelai benang gigi untuk satu kali proses pembersihan.

Benang gigi berbentuk benang yang dipotong sesuai keperluan.

Benang gigi dengan tangkai yang lebih memudahkan penggunaannya.

Di rumah, benang gigi dapat disimpan di kamar mandi atau wastafel bersamaan alat kebutuhan kebersihan diri lainnya. Pengguna dapat langsung mengetahui keberadaan produk ini dari kemasan yang digunakan untuk penyimpanan. Benang gigi dapat disimpan dalam alat kebutuhan kebersihan diri sewaktu bepergian. Seperti halnya sabun, sikat gigi atau alat kebutuhan kebersihan diri lainnya, maka benang gigi ini akan dapat membantu penampilan selalu rapi dan bersih walaupun saat bepergian.

Selamat mencoba menggunakan benang gigi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s