Mengenal Sikat Gigi

Proses perawatan dan menjaga kebersihan mulut harus dilakukan secara aktif setiap harinya. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang adalah dengan melakukan kegiatan menggosok gigi. Untuk keperluan ini tentu saja diperlukan sikat gigi dan pasta gigi atau odol. Sikat gigi digunakan sebagai alat untuk menggosok dan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Pada artikel ini akan diulas tentang sikat gigi yang baik dan dianjurkan untuk menggosok gigi.

Untuk menggosok gigi ini pada awalnya dikenal dengan menggunakan abu halus yang digosok-gosokan dengan jari ke dalam gigi. Dalam perkembangannya kemudian digunakan tangkai tanaman yang ujungnya ditumbuk dan dihaluskan. Kalau dari daerah Timur Tengah banyak digunakan tangkai bunga kurma dan batang ini kemudian dikenal dengan nama siwak. Saat ini hampir kebanyakan orang melakukan kegiatan gosok gigi dengan menggunakan bantuan sikat gigi.

Aneka macam sikat gigi.

Sikat gigi tersedia di pasaran dengan beraneka macam bentuk dan ukuran. Saat ini inovasi dan kreativitas para produsen sikat gigi menjadikan aneka banyak pilihan sikat gigi. Konsumen dapat memilih jenis sikat gigi yang disukai baik karena alasan pertimbangan bentuk, kegunaan maupun dari sisi harganya.

Ukuran sikat gigi terdiri dari banyak jenis. Konsumen dapat memilih ukuran sikat gigi yang memiliki ukuran besar atau kecil. Ukuran ini tentu saja dapat dipilih berdasarkan pertimbangan oleh pemakainya. Dari pihak dokter gigi seringkali menyarankan pemilihan sikat gigi yang kecil karena diharapkan dapat menjangkau gigi yang paling ujung. Ukuran ini tentu saja jangan terlalu kecil untuk ukuran anak-anak dan juga jangan terlalu besar. Ukuran yang tepat tentu saja perlu disesuaikan dengan lebar rongga mulut sehingga saat digunakan akan nyaman dan tidak mengganggu.

Untuk anak-anak tersedia sikat gigi khusus dengan ukuran kecil dan memang didesain untuk anak-anak. Warna sikat gigi untuk anak-anak umumnya menggunakan warna yang cerah. Bentuk tangkai sikat gigi untuk anak-anak seringkali didesain dengan tampilan tokoh kartun atau binatang yang lucu. Bulu yang digunakan juga relatif halus untuk tidak melukai gusi atau bibir anak-anak saat digunakan.

Bagian yang penting dan harus diperhatikan dalam pemilihan sikat gigi adalah bulu sikat. Pemilihan bulu sikat disarankan untuk menggunakan bulu sikat yang lembut, namun juga jangan yang sangat lembut bulu sikatnya. Bulu sikat yang sangat lembut akan membuat pembersihan gigi menjadi tidak begitu efektif. Bulu sikat yang keras dapat menimbulkan luka bagi jaringan sekitar gigi seperti lidah ataupun gusi anda jika terkena.

Untuk bulu sikat ini juga memberikan variasi produk sikat gigi dalam bentuk tekstur bulu yang ada. Untuk pedoman umum pada dasarnya sudah cuku untuk menggunakan sikat gigi dengan tekstur permukaan yang datar dan halus. Pada kenyataannya saat ini banyak ditawarkan produk sikat gigi dengan berbagai macam tekstur dan variasi. Tekstur sikat gigi beragam tidak hanya datar, tetapi juga tersedia tekstur membulat, zigzag atau bahkan bergerigi. Variasi lain adalah pola tegakan bulu yang tidak sejajar dengan arah kemiringan tertentu. Tekstur sikat gigi yang tidak konvensional ini dikatakan akan sangat efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan terutama yang terletak pada celah-celah gigi. Namun seiring berjalannya waktu pemilihan tekstur sikat yang bergerigi sedikit banyak menimbulkan masalah-masalah baru seperti luka pada gusi atau bibir. Tekstur seperti ini ternyata juga kurang efektif untuk membersihkan plak pada permukaan gigi sehingga tampak tidak merata.

Bagian lain dari sikat gigi adalah tangkai. Bagian ini relatif tidak terkait langsung dengan fungsi sikat untuk membersihkan gigi. Hal ini hanya dikaitkan dengan selera sang pengguna saat memegang dan menggunakannya pada waktu menggosok gigi. Pemilihan tangkai sikat dapat dilakukan dengan pertimbangan kenyamanan untuk dipegang dengan tangan serta ukuran yang dipilih sesuai dengan lebar rongga mulut. Tangkai sikat gigi perlu dipikirakan agar tidak akan mengganggu jaringan di dalam rongga mulut pada saat pergerakan-pergerakan pembersihan gigi. Bentuk-bentuk tangkai sikat gigi saat ini tersedia beraneka macam yang masing-masing menawarkan kemudahan untuk menjangkau seluruh bagian di dalam mulut.

Setelah membaca tulisan ini tentunya pembaca sudah dapat mengenali aneka macam sikat gigi. Dari sini diharapkan sekarang dapat mempertimbangkan jenis dan bentuk sikat gigi yang akan dipilihnya. Semoga bermanfaat.

 

One thought on “Mengenal Sikat Gigi

  1. Ping-balik: 2010 in review « Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s