Masker Muka yang Lucu

Di dalam menjalankan praktek perawatan atau penanganan gigi terhadap pasien, salah satu sarana perlengkapan yang umum adalah masker dan sarung tangan. Terkadang penggunaan masker menjadi kurang mendukung interaksi dokter gigi dengan pasien, khususnya pasien cilik. Seringkali terdapat faktor psikologis dari pasien yang masih anak kecil di dalam menjalani perawatan gigi ini. Mereka terkadang sudah mengalami perasaan takut dan ngeri saat akan menjalani perawatan gigi ini. Dalam hal seperti ini maka dokter gigi perlu melakukan pendekatan yang lebih dapat diterima oleh sang pasien cilik ini, termasuk dengan menanggalkan masker dan sarung tangan.

Kondisi ruang praktek gigi memang seringkali tidak dapat menimbulkan rasa nyaman pada pasien cilik. Meskipun kebersihan dan tata ruang seringkali sudah dimaksimalkan, akan tetapi keberadaan kursi gigi dan berbagai instrumen yang melekat akan tetap dapat menyebabkan susunan ruang yang berbeda dan menimbulkan perasaan kurang nyaman. Bagi pasien yang masih anak-anak, maka hal ini sering tidak dapat diatasi dengan upaya penenangan diri dengan mudah.

Upaya menenangkan diri bagi pasien cilik, tentu saja adalah dengan pendampingan diri oleh orang tua atau saudara yang lebih tua. Terkadang perlu juga dengan kawan atau saudara lain yang pernah merasakan pengalaman ditangani oleh dokter gigi. Kalau sudah seperti ini maka rasa tenang dari pasien cilik mungkin akan dapat muncul.

Upaya dari dokter gigi perlu dilakukan dengan memberikan interaksi dengan berkomunikasi yang ramah dan personal. Terkadang saat penanganan sudah mulai dilakukan maka dokter gigi perlu melakukan pengalihan perhatian. Terkait dengan pengantar di alinea pertama di atas, maka dokter gigi perlu kreatif dengan menggunakan cara untuk lebih dekat dengan pasien cilik. Jika memang harus menggunakan masker, maka dokter gigi dapat mencoba alternatif masker lucu. Bentuk masker ini tersedia di pasar dalam berbagai macam dan bentuk. Kalau sudah seperti ini niscaya pasien tentunya tidak akan takut lagi.

 

Masker lucu biar anak kecil tidak takut saat periksa gigi.

 

Saat pasien sudah tenang dan yang penting tidak takut, maka penanganan gigi akan jauh lebih mudah dan cepat. Perawatan gigi anak-anak biasanya hanya masalah gigi yang akan tanggal atau gigi berlubang, sehingga perawatan dapat dilakukan dengan cepat. Namun jika pasien cilik tidak tenang dan banyak bergerak, maka perawatan yang harusnya cepat akan menjadi lama. Jika pasien menangis berlebihan bisa jadi dia akan timbul rasa trauma. Untuk itu pendampingan orang tua dan teknik pendekatan oleh dokter gigi menjadi perlu diperhatikan dalam hal memberikan pengalaman pertama di dokter gigi.

One thought on “Masker Muka yang Lucu

  1. Ping-balik: 2010 in review « Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s