Inkonsistensi Penyebutan Warna

Saat masih anak-anak, mesti pernah mengalami waktu untuk pengenalan dan belajar tentang warna. Di depan kita diberikan bentuk kotak atau lingkaran dari kertas dengan warna-warna tertentu untuk disebutkan dengan ucapan dari warna kertas tersebut. Cara lain adalah dengan menggunakan batang pensil warna untuk disebutkan jenis warna yang tertera.

Setelah dewasa maka mata kita secara otomatis akan dapat mengenali warna yang tampak oleh mata kita dan mestinya juga dapat menyebutkan jenis warna tersebut. Perkecualian tentu saja adalah bagi orang yang memiliki masalah buta warna sehingga tidak dapat mengenali jenis warna secara normal. Bagi saya orang kimia, sewaktu pendaftaran mahasiswa bahkan dipersyaratkan untuk tidak buta warna sehingga dapat melakukan riset eksperimen di laboratorium dengan benar. Demikian juga bagi orang untuk dapat mendapatkan surat ijin mengemudi, maka dipersyaratkan juga untuk bebas buta warna.

Kemampuan bebas buta warna adalah kemampuan mata untuk membedakan satu jenis warna dengan warna lainnya. Hal ini bukan berarti yang bersangkutan dapat menyebutkan warna yang terlihat dengan menyebutkan jenis warnanya.

Maksud tulisan ini sebenarnya tidak untuk membahas soal buta warna, melainkan karena saya tertarik menyuguhkan satu inkonsistensi terkait warna dan tulisan terkait yang mungkin dapat membingungkan.

Soal warna yang membingungkan ini terjadi pada pakaian pembalap F1 dari tim Redbull. Dari sponsor minuman ini, mestinya yang dominan adalah warna merah untuk tim ini. Tapi tim ini menggunakan warna hitam sebagai warna yang dominan, warna merah tetap untuk warna gambar bantengnya. Lagipula yang warna merah sudah dipakai oleh tim Ferrari.

Seragam Mark Webber dari tim Red Bull yang tidak red

Seragam Mark Webber dari tim Red Bull yang tidak red

Hal yang sama juga terlihat pada gambar berikut. Pada gambar terlihat kendaraan berwarna hijau, tetapi pada pelat nomor disuguhkan tulisan abang atau merah yang berasal dari kombinasi kode nomor AB 4 NG. Jadi menurut anda itu Hijau atau Abang ???

Warnanya ijo tapi tulisannya abang (AB 4 NG)

Warnanya ijo tapi tulisannya abang (AB 4 NG) (dokumentasi pribadi)

Kebetulan saya tahu persis latar belakang kendaraan itu, karena pelat nomor AB 4 NG itu sebelumnya melekat pada kendaraan kijang merah yang sudah saya beli. Sebelum dijual, nomor itu dipindahkan ke kendaraan jeep hijau itu. Jadi ya sudah tidak masalah hijau atau abang tidak masalah. Lantas kijang merah itu pelatnya ganti apa ? Tadinya pakai nomor AB 8811 HB, tetapi mengikuti nama pemiliknya maka sekarang diganti lagi menjadi AB 1804 RI. Nomor ini baru terlihat kalau mobil dilihat dari belakang karena bagian atas huruf A di pelat ditutup selotip hitam, jadi terbaca I8U 4RI atau IBU ARI. Hehe… narsis sedikit tidak apa-apa ya…

Seperti kebanyakan perempuan, mungkin banyak yang suka warna pink. Tapi seperti apakah warna pink itu ? Bingung aku jadinya…

Pink apa kuning nih jadinya...

Pink apa kuning nih jadinya...

Angka berapakah ini ? 5 apa 99

Angka berapakah ini ? 5 apa 99

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s