Bunga Lili di Pot Mungil

Di halaman rumah kami banyak terdapat jenis tanaman hias dari jenis bunga ataupun hanya yang berdaun saja. Sebenarnya banyak juga yang menghasilkan bunga hanya karena agak kurang terawat maka tanaman pun tumbuh sekedarnya dan kurang rimbun. Lagipula halaman yang tersedia sebenarnya terbatas dan itu masih ternaungi dengan dua pohon besar yakni pohon mangga dan apokat. Akibatnya tanaman berbunga dengan tidak cukup rutin.

Namun ada salah satu jenis tanaman yang menghasilkan bunga secara periodik. Tanaman ini sebenarnya akan lebih bagus untuk dibudidayakan di tanah, tetapi di tempat kami tumbuh di pot. Setiap tahun sekali ternyata dapat menghasilkan bunga secara rutin. Tanaman yang termasuk jenis lili-lilian ini saya lupa diperoleh dari mana, yang jelas bukan hasil beli. Kemungkinan besar minta dari seseorang atau mengambil bibit dari sesuatu tempat.

Sepanjang tahun biasanya hanya terlihat kelopak daunnya yang memanjang keluar dari pangkal di dekat tanah. Seperti halnya tanaman berumbi lainnya, daunnya berbentuk memanjang dan berwarna polos. Namun saat keluar bunganya yang keluar dari tangkai saat musim berbunga, maka baru keluar keindahan yang ditampakkan. Tangkai bunga keluar kadang tidak terlihat segera karena sewarna dengan daunnya. Setelah beberapa lama kuncup bunga muncul dan membesar. Beberapa hari kemudian bunga merekah dan terlihat bentuknya yang cukup indah menyerupai terompet.

Bunga Lili di depan rumah

Bunga Lili di depan rumah

Untuk bunga yang tumbuh ini memiliki warna pink (atau jingga ya ?) bersemburat putih. Jenis bunga seperti ini yang banyak adalah berwarna jingga. Tahun ini tanaman di pot ini menghasilkan dua kelopak bunga yang mekar selama 4 hari.

Semoga tahun depan dapat keluar bunganya lagi dengan lebih banyak….

10 thoughts on “Bunga Lili di Pot Mungil

  1. Ping-balik: 2010 in review « Blog Ari Dharmayanti

  2. dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Bunga liliy/Bakung mempunyai manfaat sebagai analgesic, anti bengkak dan ekspetorant bagi tubuh dan bisa di pake obat sakit gigi

  3. Ping-balik: Anggunnya Bunga Amarilis Merah | Blog Ari Dharmayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s