Gula Kacang Salatiga

Masa kecilku adalah di kota Salatiga yang terletak di arah timur laut Gunung Merbabu. Kalau dulu kecil kota ini masih terasa sejuk dan menyenangkan, sekarang ini jauh terasa panas. Beberapa kenangan yang membekas dari kota ini adalah tentang jenis penganan khas yang dihasilkan dari kota ini.  Salah satunya adalah gula kacang.

Penganan ini mungkin sebenarnya dihasilkan juga dari berbagai kota lain, namun gula kacang dari Salatiga ini tetap tidak dapat dilupakan. Kalau di tempat lain sering juga disebut sebagai gulali atau nama lain yang melekat pada makanan yang terbuat dari gula kelapa ini.

Di Salatiga makanan ini banyak dibuat di daerah belakang pasar gede. Jadi kalau ingin membeli gula kacang yang masih fresh, masuk saja ke pasar terus jalan ke arah belakang pasar. Di sana langsung tercium aroma wangi karamel yang keluar dari proses pemasakan gula kacang ini. Memang di lokasi belakang pasar ini, banyak orang yang memasak gula kacang ini baik di kios atau rumah yang tersedia.

Proses pemasakan gula kacang.

Proses pemasakan gula kacang.

Proses pemasakan berupa pemanasan gula kelapa dalam wajan tembaga yang besar di atas nyala kayu bakar. Gula akan meleleh kembali dan liat terus diaduk supaya tidak gosong. Ke dalam gula ini kemudian ditambahkan kacang tanah yang sudah dimatangkan dengan jalan disangrai. Pencetakan gula kacang dilakukan dengan menggunakan cetak dari tempurung kelapa atau hanya menggunakan potongan bambu.

Variasi gula kacang yang ada adalah rasa biasa serta rasa jahe. Untuk yang rasa jahe maka ke dalam adonan ditambahkan bubuhan  jahe yang akan memberikan rasa pedas yang sedap. Mengingat proses yang dijaga agar selalu diaduk tidak gosong, maka gula kacang yang dihasilkan akan terasa renyah dan manis.

Memborong gula kacang.

Memborong gula kacang.

Penganan ini merupakan salah satu oleh-oleh wajib oleh para pengunjung yang datang ke Salatiga. Selain tentu saja oleh-oleh penganan khas lain seperti enthing-enthing gepuk dan lain-lain.

3 thoughts on “Gula Kacang Salatiga

  1. Ping-balik: Gula Kacang | Gulo Kacang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s