Robot Pasien Praktek Gigi

Dahulu saat masih kuliah di FKG, praktek perawatan dan penanganan gigi, masih berlangsung secara konvensional. Hal ini tentu bukan menjadi masalah jika praktek berupa pencetakan atau pembuatan gigi palsu. Jika praktek yang terkait dengan penanganan pasien langsung, maka hal ini menjadi masalah. Awalnya memang hanya melihat saja, tetapi saat harus menangani pasien langsung maka timbul banyak kendala, karena masih ragu-ragu dan muncul rasa khawatir. Memang sih keterampilan dasar ini harus dikuasai benar-benar, baik kemampuan untuk diagnosis, tambal gigi, pembersihan plak (scaling), cabut dan beberapa keterampilan lainnya. Kemudian pada tahun terakhir untuk praktek langsung harus mencari sendiri pasien yang harus ditangani. Biasanya kenalan atau saudara mau diajak untuk dijadikan pasien.

Kendala mencari pasien ini juga banyak karena mereka juga kadang takut untuk dirawat oleh mahasiswa yang belum berhak berstatus sebagai dokter gigi. Padahal kalau dipikir, penanganan ini tentunya relatif akan baik karena mereka akan berhati-hati, apalagi dalam menjalankannya juga selalu ditunggui dosen sekaligus juga dokter gigi yang telah berpengalaman. Praktek seperti ini juga dilakukan penilaian, mestinya mahasiswa akan berhati-hati karena bisa jadi tidak lulus dalam penilaiannya.

Belum lama ini menemukan satu temuan robot dari Showa University – Jepang yang berfungsi sebagai pasien untuk keperluan penanganan gigi. Seperti dikutip dari website http://incredibleworld.net/2010/03/perfect-dental-patient-unveiled-at-showa-university-in-japan/ . Robot yang dapat berfunsi sebagai pasien sempurna ini dinamakan Hanako Showa dan akan digunakan untuk pelatihan perawatan gigi. Dengan temuan robot ini mungkin dapat membantu para calon dokter gigi untuk berlatih dengan lebih baik.

Hanako Showa - robot pasien gigi

Hanako Showa - robot pasien gigi

Praktek pemeriksaan dan perawatan gigi dengan menggunakan robot.

Praktek pemeriksaan dan perawatan gigi dengan menggunakan robot.

praktek perawatan gigi

Suasana praktek praktek perawatan gigi dengan robot.

praktek perawatan gigi

Robot yang mampu bersikap dan berfungsi sebagai pasien gigi.

Mungkin ke depan penggunaan robot seperti ini dapat digunakan untuk berbagai penyelenggara pendidikan kedokteran gigi di Indonesia.

2 thoughts on “Robot Pasien Praktek Gigi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s