Gara-gara Gigi Bolong 4

Membaca artikel di detik.com pada hari Jumat, 11/06/2010, berjudul “Gara-gara Gigi Bolong 4, Menteri ESDM Absen Rapat di Wapres” maka tergelitik juga untuk menuliskan hal tersebut di blog ini. Pada berita tersebut disebutkan bahwa Menteri ESDM Darwin Saleh absen dalam rapat koordinasi soal migas dan produksi minyak di kantor Wakil Presiden hari ini. Bapak menteri terpaksa harus absen rapat tersebut akibat giginya bolong sehingga harus izin berobat. Berkaca pada peristiwa ini tentu saja perlu menjadi pelajaran penting bagi kita semua bahwa kesehatan gigi itu penting dan tidak boleh diremehkan, tidak terkecuali bagi orang biasa, bahkan bagi seorang pejabat negara atau public figure lainnya pun harus memperhatikan kesehatan gigi masing-masing. Tentu saja maksud penulisan ini adalah untuk menegaskan akan pentingnya tentang kesehatan gigi dan mulut karena memang concern saya sebagai dokter gigi.

Rapat yang diadakan hari Jumat siang di kantor Wapres Boediono itu sebenarnya membahas persoalan penting di bidang migas, antara lain soal produksi atau lifting minyak dalam negeri yang terus menurun. Tetapi karena gigi bapak menteri bolong empat dan terasa sakit sehingga terpaksa tidak dapat diikutinya. Pada kesempatan itu menteri ESDM ini diwakili oleh oleh dirjen ESDM, selain dihadiri oleh Ketua BP Migas juga ada dan Dirut Pertamina. Tentu saja saya yakin para peserta rapat yang lain tidak mengalami sakit gigi.

Sakit yang terjadi di rongga mulut biasanya terjadi berupa sariawan pada bibir dan gusi, serta yang paling sering adalah sakit gigi. Khusus untuk sakit karena masalah gigi, umumnya terjadi karena kekurangsadaran yang bersangkutan untuk merawat gigi secara intensif. Seringkali hal ini muncul sejak kanak-kanak sehingga pola kebiasaan merawat gigi dengan benar tidak terb iasakan sejak dini.

Perawatan gigi yang sebenarnya mudah antara lain :

  • Menjaga pola makan dengan mengurangi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang cenderung merusak gigi
  • Merawat gigi dengan jalan menyikat gigi setiap harinya khususnya setelah makan dan sebelum tidur malam.
  • Membuang kebiasaan yang tidak perlu seperti menggigit jari atau kuku jari, pensil atau benda lainnya dengan gigi.
  • Kontrol ke dokter gigi secara berkala bisa setiap enam bulan sekali.

Struktur gigi manusia

Kalau langkah di atas sudah dapat terlaksana, mestinya gigi dapat terawat rapi dan yang penting adalah tidak menimbulkan masalah bagi si empunya gigi. Gigi yang terawat dan sehat akan memungkinkan pemiliknya untuk menggunakannya untuk makan dan mengunyah makanan dengan baik. Gigi yang sehat juga tidak mengakibatkan masalah bau mulut yang kerap dijumpai pada beberapa orang tertentu. Selain itu gigi yang sehat akan membuat orang menjadi lebih percaya diri dengan penampilan, khususnya kalau sudah menyunggingkan senyum mautnya….

2 thoughts on “Gara-gara Gigi Bolong 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s