Bakso Isi Telur Ayam di Pajangan

Baca judulnya bukan berarti baksonya ada dipajang ya, tapi itu bakso yang dijual di daerah Pajangan, Bantul. Tepatnya dari kota Bantul mau ke arah Pajangan. Kami biasa lewat situ kalau mau pergi ke toko batik Bu Dirjo yang di Pajangan. Biasanya kami sering mampir sebentar ngisi bahan bakar para penumpangnya di warung bakso ini. Daerah tepatnya gak hafal sih tapi kira-kira di dekat belokan jalan aspal dan di kiri jalan (selatan jalan) sekitar 1,5 km sebelum toko batik itu.

Kalau dari arah utara, warung bakso ini terlihat cukup jelas tinggal lurus saja masuk ke halaman warng itu untuk parkir kendaraan di dalam.

Menu yang tersedia di situ sebenarnya tidak hanya bakso, karena mereka juga menjual mi ayam. Tetapi kami biasanya selalu membeli bakso. Bakso yang dijual terdiri dari beberapa macam seperti bakso biasa, bakso urat dan bakso telor. Sebenarnya rasa bakso ini pun tidak terlalu istimewa, hanya karena tempatnya jauh jadi terasa cukup nikmat untuk dimakan di warung makan itu.

Bakso telur ini bukan berisikan telur burung puyuh, melainkan telur ayam. Otomatis ukuran bulatan bakso yang dihasilkan pun besar. Kalau bakso-bakso berukuran besar, biasanya berisikan cacahan daging, telur atau malah tidak berisi, dalam memasaknya harus dibelah supaya bagian dalamnya matang. Untuk bakso telur ayam ini tidak harus dibelah karena sebenarnya sudah matang. Lagipula kalau dibelah maka telurnya akan pecah.

Isi satu porsi bakso isi telur.

Isi satu porsi bakso isi telur.

 

Semangkok bakso sudah bisa bikin perut kenyang.

Semangkok bakso sudah bisa bikin perut kenyang.

Saya sebenarnya juga tidak terlalu suka makan bakso ini, karena terasa nek dulu lihat telurnya. Tapi suami dan anak-anak padha suka ya ikut menemani saja.

Catatan sendiri, kadang pelayanannya agak kurang enak. Pernah kami menempati meja yang masih kotor setelah dipakai pengunjung yang lain. Kami minta tolong untuk dibersihkan, eh… malah dikasih lap untuk membersihkan sendiri… Opo tumon ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s