Minyak Cengkeh untuk Obat Gigi

Di tulisan sebelumnya (baca di sini) saya menuliskan penggunaan air garam untuk berkumur saat terjadi nyeri gigi. Cara itu relatif memang dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari aktivitas bakteri saat terjadi peradangan pada gigi maupun gusi. Sebenarnya ada cara lain yang lebih efektif dari penggunaan air garam ini, yakni dengan menggunakan minyak cengkeh.

Sakit gigi bisa diobati sementara dengan minyak cengkeh.

Sakit gigi bisa diobati sementara dengan minyak cengkeh.

Minyak cengkeh adalah salah satu minyak atsiri yang dikenal di pasaran. Minyak ini diperoleh dari hasil sulingan atau destilasi dari daun maupun bunga cengkeh. Komponen utama minyak cengkeh adalah eugenol. Bahan inilah yang berfungsi sebagai antibakteri lokal dan analgetik (pengurang rasa sakit) ringan untuk mengatasi nyeri akibat gigi berlubang, terutama pada saat rasa sakit terasa berdenyut.

Jadi sediakan selalu minyak cengkeh dalam lemari obat anda untuk tindakan pencegahan jika sewaktu-waktu terjadi sakit gigi. Untuk penggunaannya sebenarnya sangat mudah, oleskan saja minyak cengkeh ke kapas atau cottonbutĀ  dan selanjutnya oleskan kapas ini ke bagian dalam gigi yang berlubang. Pengolesan ini mungkin dapat dilakukan berulang kali sampai rasa sakit menjadi tidak terasa lagi.

Minyak cengkeh untuk obat sakit gigi.

Minyak cengkeh untuk obat sakit gigi.

Efek analgetik ringan dan antiseptik lokal dari minyak cengkeh ini bersifat sebagai substitusi sementara dari penggunaan obat – obatan oral/minum yang harus dibeli melalui resep dokter gigi. Jadi tindakan terbaik jika kita sakit gigi tentunya berobat ke pelayanan kesehatan gigi baik ke klinik pengobatan gigi, dokter gigi praktek maupun rumah sakit gigi&mulut, kalau sudah mendapatkan perawatan dan pengobatanĀ  pada gigi kita maka tidak perlu lagi menggunakan minyak cengkeh.

Untuk minyak cengkeh ini saat digunakan maka akan menimbulkan efek rasa dan aroma yang cukup tajam. Aroma yang khas berupa bau cengkeh ini dapat tercium oleh orang lain selain yang menggunakan. Bagi beberapa orang aroma seperti ini menjadi kurang disukai karena terlalu tajam.

Berdasarkan hal demikian sekarang ini memang trend penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi menjadi berkurang. Minyak cengkeh walaupun masih dijual di beberapa apotik atau toko obat, namun pembelinya sudah semakin jarang. Mungkin hanya dari kalangan orang tua saja yang masih mau menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi ini. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit ataupun pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan obat – obatan yang jauh lebih cepat dan efektif untuk menghilangkan rasa sakit.

About these ads

Satu gagasan untuk “Minyak Cengkeh untuk Obat Gigi

  1. Apakah baunya memang sangat tajam?
    Gigiku kesentuh aja udah sakit bgt. Udah minum Amoxicillin tapi tetep masih suakit. nyut-nyut-an, waktu sekolah bikin pusing dan badan panaas. Apakah minyak cengkeh dapat mengurangi sakitnya secara cepat dan drastis? soalnya sangat menyakitkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s